JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Puasa Ternyata Bisa Mencegah Penuaan, Ini Penjelasannya

   
Ilustrasi/Tribunnews

Mulai Kamis (17/5/2018) kemarin, umat Muslim sedunia memasuki bulan suci Ramadan. Selama satu bulan ke depan, umat Muslim diwajibkan menahan hawa nafsunya mulai dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam.

Hal ini disebut dengan kegiatan berpuasa. Ternyata  menurut penelitian, berpuasa memiliki keuntungan yang jarang diketahui khalayak umum. Ini manfaatnya:

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa dapat mendorong sebuah protein yang disebut neurotropik yang bisa meningkatkan fungsi otak. Selain itu, protein ini juga menurunkan resiko penyakit otak, misalnya alzheimer, demensia, depresi, dan lain-lain.

  1. Membersihkan Darah dan Mencegah Penuaan
Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Penuaan adalah sesuatu yang wajar terjadi dan tak bisa disangkal. Namun ternyata, berpuasa bisa memperlambat penuaan dengan meningkatkan stimulasi hormon pertumbuhan manusia. Tak hanya itu, berpuasa juga ternyata dapat mengeluarkan racun dari darah kita.

  1. Mencegah Penyakit Jantung
Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Rajin berpuasa ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan jantung.

  1. Membantu Merawat Kulit

Berpuasa ternyata mampu membantu kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan membuang kotoran dalam darah. Nah, tentu saja hal itu dapat membuat kulit kita menjadi semakin cerah dan bersinar.  

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com