JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Putra Mahkota Kerajaan Arab Menghilang Misterius, Ada Dugaan Meninggal dalam Insiden Penembakan

   
Pangeran Mohammed bin Salman/Tribunnews

Sudah sejak 21 April 2018 lalu, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) menghilang dari publik. Hal itu  dianggap sangat janggal mengingat posisinya sebagai Putra Mahkota.

Keberadaan orang terkuat di Kerajaan Saudi Arabia sesudah ayahnya yang jadi raja itu, menimbulkan aneka spekulasi. Ada dugaan ia sudah meninggal. Terutama lantaran ia menghilang dari penampilan publik dihitung sejak terjadinya insiden tembakan gencar di komplek kediaman raja di Riyadh, pada 21 April 2018.

Sejumlah video menunjukkan suara dentuman dan rentetan tembakan senapan kaliber berat memecah malam. Penjelasan resmi pemerintah Saudi, pasukan keamanan menembaki drone (pesawat nirawak) yang terbang di atas kawasan terlarang di komplek istana raja.

Beberapa laporan media lokal di Teluk menduga insiden itu percobaan kudeta, bukan semata insiden penembakan pesawat nirawak melihat penggunaan senjata kaliber berat. Menurut laporan yang diperoleh surat kabar Kayhan dan dikutip Sputnik, Jumat (18/5/2018) WIB, Pangeran MBS mendapat dua tembakan di tubuhnya.

Surat kabar Kayhan mengaku mendapatkan informasi itu dari sumber pejabat senior intelijen sebuah negara kawasan Arab. Sedangkan laporan Press TV (Iran), ketiadaan foto maupun video baru Pangeran MBS sejak insiden misterius itu menunjukkan pertanyaan besar, di manakah dia kini?

“Mohammed bin Salman figur yang kerap muncul di media, namun absennya dia sejak peristiwa tembakan di Riyadh menimbulkan spekulasi besar terkait kesehatannya,” tulis kantor berita Fars.

Meski otoritas Saudi tak memberikan tanggapan atas maraknya spekulasi nasib Pangeran MBS ini, termasuk mengklarifikasi isu percobaan kudeta di kerajaan itu akhir April lalu.

Namun, salah satu kerabat kerajaan pada 23 Mei 2018 lalu, mengunggah foto Mohammed bin Salman yang tampak sehat sedang menghadiri sidang kabinet di Jeddah.

Saat itu memang beberapa laporan media menyebut Raja Salman dievakuasi ke sebuah pangkalan militer King Khaled menyusul insiden tembakan gencar di komplek istana. Pangeran MBS telah ditunjuk jadi Putra Mahkota oleh Raja Salman.

Penunjukan itu tidak lazim karena sebelumnya sudah ada Putra Mahkota yang jika raja mangkat. Setelah mendapatkan kekuasaan besar, Pangeran MBS membuat gebrakan dengan menangkapi puluhan pangeran dengan tuduhan korupsi dan memperkaya diri.

 

Termasuk mereka yang ditangkap dan dijebloskan ke tahanan adalah Pangeran Al Waleed, sosok pengusaha yang ada di daftar orang terkaya di dunia.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com