JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sering Dianggap Ketinggalan Zaman, WC Jogkok Ternyata Lebih Sehat dari WC Duduk

Gambar kloset jongkok
   
Gambar kloset jongkok

Banyak orang berpendapat bahwa kloset jongkok adalah budaya kampungan. Dan lebih modern kloset duduk. Namun ternyata fakta menyebutkan bahwa WC jongkok atau kloset jongkok ebih baik bagi kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan dokter dari Rumah Sakit Pondok Indah Franky Mainza Zulkarnaen. “WC paling bagus jongkok. Dari segi anatomi enggak menekan rektum atau selang pembuangan,” ujar Franky yang juga spesialis bedah, di Jakarta, beberapa waktu lalu

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Tekanan pada rektum menjadi salah satu faktor munculnya wasir atau hemoroid. Wasir merupakan keadaan pelebaran pembuluh darah vena. Kurang konsumsi sayuran dan buah–yang merupakan sumber serat–, konsumsi makanan pedas (cabai) tak terkendali juga bisa menjadi faktor risiko seseorang terkena wasir.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

“Panas cabai membuat pergerakan usus lebih cepat sehingga tekanan meningkat, membuat pelebaran pembuluh darah vena,” kata Franky.

Faktor risiko lain munculnya wasir yakni kehamilan, terlalu lama berjongkok atau duduk di toilet dan juga karena faktor usia lanjut.

www.teras.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com