JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Titik Macet Diprediksi Akan Beralih dari Brexit ke Jalur Tengah Jateng Saat Mudik Lebaran 2018

Gerbang Exit Tol Soker di Pungkruk yang juga direncanakan bisa digunakan secara penuh pada mudik lebaran ini.
   
Ilustrasi

BREBES – Polres Brebes memprediksi titik kemacetan saat arus mudik Lebaran 2018 akan beralih dari Brebes Timur (Brexit) ke jalur tengah Jateng atau tepatnya di proyek underpass Karangsawah, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes.

Karena itu, Satlantas Polres Brebes melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di titik tersebut, Jumat (11/5/2018).

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Moh Rikha Zulkarnaen menuturkan, pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, proyek underpass yang belum jadi saat mudik itu menjadi perhatian khusus.

“Kami memberikan perhatian khusus di jalur tersebut,” kata Rikha.

Jalur tengah Jateng itu kerap dilewati kendaraan dari Jakarta dan sekitarnya yang hendak menuju ke daerah- daerah di selatan, misalnya ke Purwokerto, Purworejo, Kebumen, dan Jogja.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Sedangkan di Brexit diprediksi tidak ada kemacetan lagi lantaran jalan tol Brebes Timur- Pemalang sudah dioperasionalkan.

Kemudian dilanjutkan jalan tol Pemalang- Semarang yang sudah bisa dipakai.

Meskipun demikian, Polres Brebes tetap menyebarkan anggotanya di beberapa titik, termasuk di Brexit.

Titik di proyek underpass Karangsawah itu menjadi titik macet lantaran masih adanya keberadaan perlintasan kereta api sebidang.

Pada saat mudik, pembangunan underpass belum rampung. Sehingga pekerjaan akan dimaksimalkan hingga beberapa hari sebelum waktu arus mudik.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Brebes, Iptu Umi Antum Farich, menuturkan rekayasa lalu lintas disiapkan di Karangsawah yakni dengan memasang traffic cone di sepanjang sebelum dan sesudah perlintasan sebidang.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

“Traffic cone nantinya akan dikaitkan antara satu dengan yang lain menggunakan tali agar tidak mudah lepas atau roboh. Kalau saat ini, kami tengah melakukan uji coba,” ucapnya.
Rencananya, traffic cone akan dipasang sepanjang sekitar 2 kilometer agar kendaraan tertib berada di jalurnya.

Selain itu, kata dia, ada beberapa jalur alternatif yang bisa digunakan pemudik untuk menghindari kemacetan di Karangsawah.

Jalur alternatif di antaranya melalui Bumijawa Kabupaten Tegal- Purwodadi Kecamatan Tonjong- Pasar Linggapura. Selain itu untuk menuju ke wilayah selatan, bisa melalui jalur di Pemalang- Belik- Purbalingga atau melalui Cirebon- Kuningan- Banjar Patroman- Cilacap.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com