JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Warga Pracimantoro Hadapi Kemarau, Ini Persiapannya

Foto ilustrasi kekeringan / Dok Joglosemarnews
   
Tanah retak di dasar Waduk Gajah Mungkur

WONOGIRI—Warga Kecamatan Pracimantoro bersiap menghadapi kemarau tahun ini. Sejumlah langkah telah ditempuh terkait imbas kemarau, yakni bencana kekeringan.

Camat Pracimantoro, Warsito mengatakan, warga di dua desa yakni Desa Gambirmanis dan Watangrejo tidak lagi khawatir dalam mengahadapi musim kemarau tahun ini. Pasalnya dua desa tersebut bakal digelontor air bersih dari Sumber Seropan oleh PDAM.

Menurut dia, saat ini warga di desa-desa tersebut sudah melakukan pendaftaran sambungan rumah jaringan PDAM. Rencananya, aliran jaringan air bersih itu bakal menyuplai kebutuhan warga sebanyak 200 KK di Desa Watangrejo dan 250 KK di Desa Gambirmanis.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

“Rencananya sebelum puasa ini air sudah dialirkan. Tapi tidak 24 jam melainkan bergiliran,” jelas dia, Rabu (9/5/2018).

Selain itu, tahun ini ada dua desa di wilayah Kecamatan Pracimantoro yang memperoleh bantuan air bersih. Meliputi Desa Pracimantoro dan Wonodadi melalui program Pamsimas.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Sementara itu dari 13 telaga yang ada di Kecamatan Pracimantoro, enam diantaranya kondisinya sudah mengering. Meliputi Telaga Braholo di Desa Petir, Telaga Song Ireng di Desa Watangrejo, Telaga Suruhan dan Duyo di Desa Gambirmanis, Telaga Ngaluran di Desa Sumberagung dan Telaga Timbang di Desa Pracimantoro. Telaga-telaga itu mulai mengering sekitar sebulan lalu. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com