JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Di Bandung, Warga yang Menggunakan Hak Pilihnya Dapat Diskon Belanja

Ilustrasi
Ilustrasi/Tribunnews

BANDUNG – Ada- ada saja cara agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada serentak ini. Misalnya, di Jawa Barat akan ada diskon untuk warga yang berpartisipasi menggunakan hak pilihnya di Pilgub 2018 dan Pilwalkot Bandung 2018.

Pemberian diskon digagas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, bekerjasama dengan Pemkot Bandung meminta pengusaha restoran dan ritel untuk memberikan diskon bagi pemilih.

“Jadi, untuk masyarakat yang sudah mencoblos, bisa mendapatkan diskon berbelanja dan makan, di beberapa outlet tertentu. Dengan menunjukan jari, yang sudah kena tinta, bukti sudah mencoblos,” ujar Ketua KPU Kota Bandung Rifki Alimubarak, di Taman Sejarah, Selasa (26/6/2018).

Baca Juga :  Viral Surat Nikah dan Perjanjian Cerai Soekarno Dijual, Harga Dibuka Rp 25 Miliar. Pihak Penjual Disebut adalah Cucu Inggit Garnasih

Namun, Rifki belum bisa mengatakan secara pasti, outlet mana saja yang sudah bekerjasama untuk memberikan diskon. Sebab, hal ini baru dikordinasikan dengan Pemkot dan pengusaha pemilik outlet.

Demikian juga dengan, besaran diskon, Rifki mengaku tidak tahu berapa besarannya. Karena itu bergantung kesanggupan masing-masing outlet.

Diskon ini, lanjut Rifki, berlaku satu hari, di hari pencoblosan saja. Dengan harapan bisa menarik partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya.

Baca Juga :  Perbuatannya Tergolong Sadis, Polisi Bakal Periksa Kejiwaan Dua Pelaku Pembunuhan dan Mutilasi Kalibata City

Rifki mengaku, pihaknya khawatir tidak maskimalnya partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS. Karena, saat pencoblosan yang jatuh pada 27 Juni, masih merupakan libur sekolah.

“Masih banyak mungkin orang-orang yang belum kembali dari pulang kampungnya. Sehingga kami khawatir target partisipasi tidak tercapai,” terangnya.

Target partisipasi warga tahun ini, sebesar 70 persen, naik dari lima tahun lalu sebanyak 60 persen.

www.tribunnews.com