JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Heboh Nenek 78 Tahun Hamil 7 Bulan, Mungkinkah? Ini Penjelasan Dokter

Ade Irawan (28) dan istrinya Manih (78) warga Kampung Cipicung RT 11/ 4, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor
   
Ade Irawan (28) dan istrinya Manih (78) warga Kampung Cipicung RT 11/ 4, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Tribunnews

JAKARTA – Beberapa hari lalu masyarakat dihebohkan dengan berita seorang nenek 78 tahun hamil. Wanita bernama Manih asal Bogor tersebut dikabarkan sedang hamil tujuh bulan dari hasil buah pernikahannya dengan pria muda yang juga suaminya, Ade Irawan.

Namun, kabar tersebut langsung ditepis oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dede Agung. Dede dan timnya memastikan bahwa Manih tidak hamil. Dede mengutarakan keyakinannya tersebut setelah melihat hasil dari Ultrasonography (USG).

Umumnya, perempuan dengan usia 78 tahun sudah mengalami menopause. Yang artinya tidak bisa melakukan pembuahan. Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Dwiyana Ocviyanti, mengungkapkan bahwa umumnya perempuan mengalami menopause di antara usia 45 sampai 55 tahun.

Baca Juga :  Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September 2024, Yang Sudah Menikah Boleh Bawa Keluarganya

Dan untuk perempuan Indonesia umumnya pada kisaran 48 tahun, “Walaupun saat ini dengan perbaikan status gizi sudah banyak perempuan Indonesia yang baru mengalami menopause setelah usia 55 tahun,” ungkap dokter yang disapa dr. Ovi Selasa(13/6/ 2018).

Menopause, lanjutnya, didefinisikan sebagai berhentinya masa haid selama satu tahun penuh pada seorang perempuan yang sebelumnya mengalami periode haid normal. Dan proses berhentinya haid tersebut tanpa ada pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu ataupun bukan karena proses menyusui.

“Umumnya, kondisi ini (menopause) disebabkan oleh berhentinya proses pematangan sel telur pada indung telur,” kata dr. Ovi. Karena itulah, perempuan yg sudah menopause secara fisiologis tidak mungkin mengalami kehamilan. Hal ini karena menopause itu sendiri didahului oleh proses tidak adanya pengeluaran sel telur (ovulasi).

Baca Juga :  Pengamat: Puan Maharani Jadi Pintu Masuk Prabowo Rangkul PDIP

Dr. Ovi menjelaskan, beberapa literatur memang melaporkan kasus-kasus perempuan pasca menopause yang berhasil hamil. Namun, dengan catatan proses kehamilan tersebut menggunakan telur dari perempuan lain (donor sel telur). “Jadi belum pernah dilaporkan secara ilmiah adanya perempuan pasca menopause yg hamil secara alamiah.”

Intinya, lanjut dr. Ovi, untuk perempuan 78 tahun yang diperkirakan setidaknya sudah lebih 20 tahun mengalami menopause sangat tidak mungkin terjadi kehamilan buatan, “Apalagi kehamilan yang terjadi secara alami.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com