JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Inilah 13 Tips Mudik Sehat

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA – Puasa Ramadan sudah memasuki 1/3 akhir, itu artinya sebentar lagi hari raya Idul Fitri segera tiba. Semakin dekat dengan hari raya, semakin terasa pula hawa mudik yang akan terjadi menjelang lebaran.

Mudik sudah menjadi salah satu ritual rutin dan sangat ditunggu masyarakat. Berbagai hambatan seperti macet, terik matahari, bukan jadi penghalang para pemudik untuk berkumpul dengan keluarga terkasih di daerah masing-masing.

Ahli penyakit dalam yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam memberikan 13 tips yang bisa perlu dilakukan masyarakat saat musim mudik tiba. “Ini tips mudik sehat,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo pada 6 Juni 2018. B

1. Istirahat cukup sebelum berangkat terutama bagi pemudik yang menggunakan jalan darat, mengingat waktu sampai ke tempat tujuan tidak bisa diprediksi

2. Bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap mengendarai kendaraan secara bergantian.

3. Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olahraga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher.

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

4. Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing.

5. Bagi para pemudik yang tetap ingin melakukan ibadah puasa, Ari menyarankan untuk melakukan perjalanan mudik setelah berbuka puasa.

6. Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan. Kualitas jajanan pinggir jalan belum tentu terjaga dengan baik kualitasnya, karena selalu terpapar dengan panas. Terutama untuk makanan dan minuman rumahan (hand made).

7. Bagi para pemudik yang akan membawa makanan untuk bekal selama perjalanan usahakan membawa makanan kering. Jika tetap juga ingin membawa bekal makanan selama perjalanan harus diperhatikan bahwa makanan basah atau nasi dan lauk-pauk yang dibawa tidak dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan. Baca: Mudik 2018, Dinkes Temukan Penyebab Masalah Kesehatan Sopir Bus

8. Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag.

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Ilustrasi mobil untuk mudik. dok.TEMPO

9.Jangan lupa membawa obat2 rutin dikonsumsi untuk penderita penyakit kronis misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi dan asam urat.

10.Mudik pada malam hari merupakan pilihan yang tepat mengingat suhu udara yang lebih dingin dan perjalanan yang lebih lenggang.

11.Hindari membawa barang bawaan berlebihan. Ada baiknya mengirimkan oleh-oleh dengan jasa penitipan barang agar pemudik tidak terbebani membawa barang lebih.

12. Selama perjalanan fasilitas dari google map atau waze bisa menjadi petunjuk mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan yang berat. Baca: Bunuh Diri, Ini Pesan Terakhir Kate Spade untuk Putrinya

13. Sebaiknya semua baterai gadget sudah terisi penuh. Jangan lupa membawa power bank dan kabel USB penghubung untuk mengisi baterai gadget dari kendaraan kita. Gagdet bisa digunakan sebagai media informasi dan mengisi kejenuhan dalam melawan kemacetan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com