JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mau Mudik Via Tol, Catat Ini Daftar Semua Ruas Tol Yang Kasih Diskon 10 % Saat Mudik!

Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman saat mengecek kondisi gerbang exit Tol Soker di Pungkruk, Sragen Rabu (30/5/2018). Foto/Wardoyo
   
Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman saat mengecek kondisi gerbang exit Tol Soker di Pungkruk, Sragen Rabu (30/5/2018). Foto/Wardoyo

JAKARTA – Menjelang arus mudik, para pengguna jalan tol bisa sedikit bernafas lega.  Pasalnya tarif sejumlah ruas tol bakal memberikan diskon.

Tercatat ada tujuh badan usaha jalan tol (BUJT) bersepakat menurunkan tarif jalan tol selama arus mudik dan balik libur Lebaran pada periode waktu tertentu.

Tujuh perusahaan tersebut ialah PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Toll Road, PT Nusantara Infrastructure Tbk., PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk., PT Jakarta Lingkar Barat Satu, dan PT Margabumi Matraraya.

Dalam rapat antara seluruh BUJT dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Rakyat Basuki Hadimuljono disepakati bahwa rata-rata diskon tol akan diberikan sebesar 10 persen. Potongan harga tarif tol itu berlaku pada periode 13 – 14 Juni, 15 – 17 Juni, 18 – 19 Juni, dan 8 – 23 Juni.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Tol Indonesia Sunarto Sastrowiyoto menjelaskan bahwa diskon pada periode 13 – 14 Juni dan 18 – 19 Juni akan diterapkan pada seluruh tol yang dikelola tujuh BUJT. Sementara itu, pada 15 – 17 Juni 2018 ada diskon tol 10 persen akan diterapkan pada ruas tol yang dikelola Astra Infra Toll Road, yakni tol Tangerang – Merak, Cikampek – Palimanan, dan Jombang – Kertosono.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Adapun diskon tol akan dikecualikan pada tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu) yang dikelola PT Waskita Toll Road. Perusahaan ini akan memberi diskon tol sebesar 28 persen pada periode 8 – 23 Juni 2018.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto menyatakan bahwa pengecualian pemberian diskon tol yang lebih besar pada tol Becakayu karena mempertimbangkan alasan promosi tol yang sejumlah ruasnya sudah mulai beroperasi sejak November 2017 tersebut. “Untuk Becakayu sekaligus mempromosikan. Jadi, kami memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat,” ujar Arie.

Dengan pemberlakuan diskon tol pada waktu yang berbeda oleh BUJT, Arie berharap trafik lalu lintas akan terdistribusi sehingga tidak akan membuat penumpukan pada hari puncak mudik dan balik Lebaran. Penerapan diskon tol tersebut yang merupakan inisiatif dari BUJT sehingga payung hukum tidak diperlukan.

www.tempo.co

Berikut ini daftar jalan tol yang akan memberlakukan diskon tol pada 13—14 Juni dan 18-19 Juni 2018:

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

I. Jalan tol PT Jasa Marga Tbk. (pemberlakuan diskon akan diterapkan di seluruh tol yang dikelolanya)

Cawang – Tomang – PluitJakarta – CikampekPalimanan – KanciSemarang – SoloNgawi – KertosonoSurabaya – MojokertoMedan – Kualanamu – Tebing Tinggi

II. Jalan tol PT Hutama Karya

Akses Tanjung PriokBakaheuni – Terbanggi BesarPalembang – IndralayaMedan – Binjai

III. Jalan tol PT Waskita Toll Road

Kanci – Pejagan, Pejagan – Pemalang

IV. Jalan tol PT Nusantara Infrastructure Tbk. Makassar seksi 4Ujung Pandang Tahap I dan II

V. Jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. Cawang – Tanjung Priok – Jembatan Tiga/PluitSoreang – Pasirkoja

VI. Jalan tol PT Jakarta Lingkar Barat Satu JORR W1 (Kebon Jeruk – Ulujami)

VII. Jalan tol PT Margabumi Matraraya Surabaya – Gresik

Daftar jalan tol yang akan memberlakukan diskon tol pada 15 – 17 Juni 2018:

VIII. Jalan tol Astra Infra

Tangerang – MerakCikampek – Palimanan-Jombang – Kertosono.

Daftar jalan tol yang akan memberlakukan diskon tol pada 8-23 Juni 2018:

IX. Jalan tol PT Waskita Toll Road

Bekasi – Cawang – Kampung Melayu

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com