JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Menteri PPA Dukung Perempuan Fiji Mandiri

Fiji National Women Expo 2018
   
Fiji National Women Expo 2018

FIJI-Hari ke-2 kunjungan kerja ke Fiji, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise melaksanakan sejumlah agenda.

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (24/6/2018), agenda yang dilakukan menteri mulai dari berkunjung ke Distrik Rewa-Desa Nakuriwai, bertemu kelompok perempuan Suku Rotuma, hingga menghadiri acara Fiji Rural Women Fashion Show, yang merupakan side event Fiji National Women Expo 2018.

Mengunjungi Distrik Rewa, Desa Nakuriwai, Menteri Yohana bertemu dengan kelompok perempuan Nakuriwai.

“Kelompok perempuan Desa Nakuriwai termasuk salah satu kelompok yang aktif di Distrik Rewa. Mereka rutin membuat kerajinan industri rumahan seperti anyaman tikar, baju, dan kain khas Fiji,” terang Mama Yo, sapaan akrabnya.

Selain Desa Nakuriwai, Menteri Yohana juga berkunjung ke Rotuma Women’s Association Grup atau kelompok perempuan Suku Rotuma.

“Rata-rata kelompok perempuan yang saya temui di Distrik Rewa berharap bisa belajar dari perempuan pengrajin Indonesia untuk meningkatkan kualitas produksi mereka. Di sana, saya juga berpesan pada kaum lelaki agar selalu menghormati perempuan dan tidak melakukan kekerasan terhadap perempuan,” ujar dia.

Usai berkunjung ke beberapa desa di Fiji, didampingi oleh Menteri Perempuan, Anak dan Pengentasan Kemiskinan Fiji, Deputi Kesetaraan Gender KemenPPPA dan Duta Besar Indonesia untuk Fiji, dia menghadiri acara Fiji Rural Women Fashion Show, yang merupakan side event dari acara Fiji National Women Expo 2018.

Di hadapan ratusan peserta Expo, dia mengungkapkan jika industri fashion di Indonesia merupakan pemain kunci di sub sektor industri kreatif. Berkontribusi sebesar 28,29 persen dari total PDB (produk domestik bruto), dan mempekerjakan jumlah tenaga kerja tertinggi.

“Perkembangan industri fashion global telah berkembang dengan pesat. Untuk itu, kita perlu mendorong partisipasi perempuan dalam ekonomi, khususnya pada industri kreatif seperti fashion. Karena keterlibatan mereka, meningkatkan ketahanan dan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, perempuan tidak perlu ragu menggali potensi ekonomi mereka untuk secara konkret berkontibusi pada pembangunan ekonomi nasional,” ujar dia.

Indonesia merupakan bagian dari kawasan Pasifik dan telah menjalin hubungan diplomatik dengan 15 dari 17 negara di dalamnya. Hubungan diplomatik Indonesia-Fiji telah terjalin sejak April 2011. Kunjungan Menteri PPPA, Yohana Yembise ini juga merupakan upaya peningkatan hubungan Indonesia dengan Negara di kawasan Pasifik. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com