JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Walikotanya Ditangkap KPK, Warga Blitar Malah Berpesta dan Siapkan Dangdutan di Alun-alun

Walikota Blitar yang ditangkap OTT KPK kasus suap proyek. Foto/Tempo.co
   
Walikota Blitar yang ditangkap OTT KPK kasus suap proyek. Foto/Tempo.co

BLITAR- Penetapan tersangka Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar disambut gembira oleh sebagian warga Kota Blitar. Bahkan kabar penahanan Samanhudi langsung menyiapkan pesta dangdutan untuk merayakan penahanan itu.

Tragisnya,  rencana dangdutan itu disampaikan oleh mantan koleha dekat Samanhudi, Handoko Pramono. Rekan lama Samanhudi di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini bahkan akan menggelar dangdutan.

“Saya dulu pernah nazar, kalau Samanhudi ditangkap KPK, aku arep ndangdutan neng alun-alun (aku mau dangdutan di alun-alun),” kata Handoko kepada Tempo, Sabtu (9/6/2018)

Pertunjukan dangdut tersebut, kata Handoko, adalah untuk merayakan penahanan Samanhudi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

Samanhudi ditahan KPK atas dugaan menerima hadiah atau janji dalam pengadaan barang dan jasa di Blitar. Dia diduga menerima suap Rp 1,5 miliar dari pengusaha Susilo Prabowo melalui Bambang Purnomo.

Handoko melanjutkan, sebagai rekan lama Samanhudi, dia mengetahui bagaimana politikus karir itu awalnya berkomitmen terhadap pemerintahan yang bersih.

Namun, sejak menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Blitar, Samanhudi mulai bermain uang dan proyek-proyek pembangunan yang ada di kota tersebut.

Handoko mengisahkan, saat akan mendaftar sebagai calon legislatif PDIP pada 1999, Samanhudi masih belum memiliki harta kekayaan.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

“Sampai guyon, gimana mau ngisi saking enggak punya harta,” ujarnya.

Menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Samanhudi memiliki harta kekayaan sebesar Rp 11,3 miliar dan utang sebesar Rp 2,79 miliar. Data tersebut merupakan jumlah kekayaan Samanhudi per 30 Juli 2015 yang dilaporkan ke KPK.

Saking bahagianya Samanhudi kini ditahan KPK, Handoko mengatakan akan merealisasikan rencana menggelar pertunjukan musik dangdut itu.

“Masih berkoordinasi dengan bolo-bolo (teman-teman) lawas,” ujarnya.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com