JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Warga Solo Serbu Pasar Murah Gotong Royong di Beteng Vasternburg

Warga menyerbu salah satu stan telur dalam Pasar Murah Gotong Royong yang diselenggarakan oleh TPID Kota Solo di Beteng Vasternburg, Rabu (6/6/2018). Foto: Dok BI
   
Warga menyerbu salah satu stan telur dalam Pasar Murah Gotong Royong yang diselenggarakan oleh TPID Kota Solo di Beteng Vasternburg, Rabu (6/6/2018). Foto: Dok BI

SOLO-Menjelang Idul Fitri, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo menggelar pasar murah untuk umum di Beteng Vasterburg, Rabu (6/6/2018). Kegiatan bertajuk Pasar Murah Gotong Royong itu disambut antusias oleh warga. Mereka langsung menyerbu stan yang dijajakan penyelenggara.

Sejumlah komoditi laris manis diborong warga karena harganya lebih murah dibanding harga di pasaran. Pasar murah melibatkan 75 stand dan berlangsung dua hari, Rabu-Kamis (6-7/6/2018) pagi.

“Komoditas pangan strategis yang dijual antara lain beras, bawang merah, bawang putih, cabai, telur, daging ayam ras, minyak goreng dan elpiji. Selain itu juga dijual aneka bumbu dapur, buah, produk makanan, dan produk pakaian,” ujar Kepala Bank Indonesia (BI) Cabang Solo, Bandoe Widiarto, Rabu (6/6/2018).

Baca Juga :  PDIP dikabarkan  Bakal Merapat ke Prabowo, Begini  Reaksi Gibran

Setelah stand pasar murah dibuka, komoditi yang paling diminati adalah telor, daging ayam, beras, buah buahan, dan minyak goreng. Dalam kegiatan itu, komoditi telor, daging ayam, cabai, bawang merah dan bawang putih mendapat subsidi Rp 3.000/kg.

Harga yang dipapar lebih murah dibanding di pasaran. Terlebih saat Ramadan dan menjelang Lebaran, harga sejumlah komoditi banyak yang merangkak naik.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

Setiap menjelang lebaran, inflasi selalu meningkat lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Komoditas yang biasanya menjadi penyumbang inflasi antara lain bawang putih, tariff listrik, tariff angkutan udara, daging ayam ras, dan tarif angkutan kota.

“Melalui pasar murah, diharapkan harga komoditas pangan strategis tetap stabil. Masyarakat dihimbau untuk berbelanja secara bijak. Yakni membeli barang barang kebutuhan pokok sesuai kebutuhan dan bukan keinginan,” ungkapnya. (Marwantoro)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com