loading...


Ilustrasi/Tribunnews

Ada banyak bahasa yang sangat familier di dunia untuk saat ini, seperti bahasa Mandarin, Inggris, Jerman, basa Belanda dan lain-lain.

Tapi pernahkah terpikir, bahwa ribuan tahun silam juga pernah berkembang bahasa di dunia, dan uniknya, sampai sekarang bahasa tersebut masih eksis bersama pemakainya?

Inilah 10 bahasa kuno yang masih digunakan hingga kini.

  1. Ibrani

Bahasa yang hampir 3000 tahun ini menjadi bahasa resmi Israel. Bahasa ini diucapkan Yahudi di seluruh dunia.

  1. Tamil

Bahasa Tamil mungkin adalah salah satu bahasa paling kuno. Bahasa Dravida ini masih banyak digunakan di negara bagian Tamil Nadu di India Selatan dan Wilayah Persatuan Puducherry.

  1. Persia
Baca Juga :  Wanita Ini Tercebur ke Dalam Tabung dan Diserbu Ikan Hiu, Begini Nasibnya

Bahasa Persia juga masuk dalam daftar bahasa tertua di dunia. Dipercaya ada 100 juta penutur asli Persia di seluruh dunia. Bahasa ini digunakan di Iran, Afghanistan, dan Tajikistan.

  1. Lithuania

Lithuania memiliki bahasa unik dan mirip bahasa Sansekerta. Bahasa ini diucapkan di Lithuania dan minoritas di Polandia.

  1. Bahasa Mandarin dan Kanton

Bahasa ini sangat banyak digunakan di dunia.  Berbagai negara menggunakan bahasa ini dalam kegiatan sehari-hari.

  1. Basque

Basque adalah bahasa yang tidak seperti bahasa lainnya di Eropa. Bahasa ini berasal dari Negara Basque yang dulunya ada di wilayah Sapanyol dan barat daya Prancis.

  1. Latin
Baca Juga :  Tragis, Pelajar di Rusia Menembaki Teman-temannya Secara Membabi Buta di Sekolah, 18 Nyawa Melayang

Bahasa Latin adalah bahasa klasik yang termasuk klasifikasi Indo-Eropa. Merupakan akar dan asal dari banyak bahasa Eropa, bahasa latin menjadi bahasa resmi Vatikan dan Polandia. Bahasa latin kuno diucapkan Kerajaan Romawi.

  1. Arab

Bahasa Arab diucapkan oleh orang-orang Arab diberbagai negara. Diperkirakan ada 420 juta penutur bahasa Arab selama ini.

  1. Gaelik Irlandia

Bahasa Gaelik diucapkan oleh sebagian kecil penduduk asli di Irlandia hari ini. Saat ini, Irlandia diakui sebagai bahasa nasional Republik Irlandia dan secara resmi bahasa minoritas di Irlandia Utara.

  1. Yunani
Baca Juga :  Tragis, Pelajar di Rusia Menembaki Teman-temannya Secara Membabi Buta di Sekolah, 18 Nyawa Melayang

Bahasa Yunani modern telah berkembang pesat dan satu bahasa yang paling bersejarah. Saat ini adalah bahasa resmi di Yunani dan Siprus.

www.tribunnews.com

Loading...