JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Air Terjun Jumog Karanganyar Bakal Diorbitkan Jadi Wisata Lansia.  Berikut Daftar Obyek Wisata di Karanganyar Yang Diusulkan Jadi Obyek Wisata Lansia

Foto/istimewa
   
Foto/istimewa

KARANGANYAR – Pemkab Karanganyar menyiapkan sejumlah objek wisata dengan konsep nostalgia, sejarah, dan alam di Karanganyar untuk dikonsep ssbagai obyek wisata ramah lansia.

Salah satu alasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggarap pasar lanjut usia (lansia) untuk kunjungan wisata adalah ada pangsa pasar tetapi belum banyak orang menggarap.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda,  Olahraga Karanganyar, Titis Sri Jawoto mrngatakan beberapa objek wisata yang disodorkan adalah Agrowisata Sondokoro, De Tjolomadoe, Air Terjun Jumog, Rumah Atsiri Indonesia, Etalase Tanaman Obat B2P2TOOT, Ziarah Makam di Girilayu, dan lain-lain.

Tetapi ia menyebut ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi sehingga lansia dapat menikmati objek wisata itu dengan aman dan nyaman. Beberapa di antara adalah tempat istirahat, jalan umum yang nyaman, tangga di lokasi tidak terlalu terjal, simbol, gambar, dan papan petunjuk jalan dibuat besar dan jelas sehingga mudah terbaca, dan lain-lain.

“Itu kuliah setengah semester. Saya belum pernah dengan soal pangsa pasar lansia. Ternyata luar biasa. Do nduwe duit [lansia]. Mereka jenuh di rumah, piknik. Sebagian [lansia] enggak bisa mandiri maka ajak rombongan. Tidak bisa piknik sehari lalu menginap. Potensi,” katanya kepada wartawan Minggu (1/7/2018).

Ia menjelaskan konsep obyek wksaya lansia itu sudah diajukan saat sarasehan di Tawangmangu dua hari lalu. Menurutnya saat itu, perwakilan Komda Lansia mengapresiasi Agrowisata Sondokoro di Tasikmadu dan Air Terjun Jumog sudah ramah lansia. Tetapi, mereka memberikan sedikit catatan untuk tangga di komplek objek wisata Air Terjun Jumog.

“Tawaran kami untuk lansia itu wisata nostalgia, sejarah, dan alam. Mereka bilang Sondokoro sudah pas. Jumog juga sudah tetapi koreksi untuk tangga. Idealnya maksimal 15 sentimeter untuk pijakan tangga. Ke depan kami meladeni pinisepuh supaya nyaman berwisata,” tutur dia.

Dia optimistis suasana alam di Tawangmangu, Ngargoyoso dan lain-lain akan membuat lansia nyaman. Titis mengaku belajar banyak saat hadir pada sarasehan.

“Kami jual suasana Karanganyar sebagai tujuan wisata utama lansia. Udara segar gunung, fasilitas, dan lain-lain. Pasar yang tidak terduga,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com