JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Alhamdulillah. Setiap Kelurahan di Wonogiri Dapat Kucuran Dana Ratusan Juta Pertahun

Gotong royong membuka badan jalan di wilayah Kecamatan Tirtomoyo. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
   
Gotong royong membuka badan jalan di wilayah Kecamatan Tirtomoyo. Dok. Kodim 0728 Wonogiri

WONOGIRI-Kabar gembira bagi pemerintah kelurahan di Wonogiri. Sebentar lagi mereka akan menikmati kucuran dana besar, mirip seperti pemerintah desa pasca dikeluarkannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Informasi yang berhasil dihimpun bantuan dana untuk pemerintah kelurahan berasal dari APBD Wonogiri. Dana tersebut nanti peruntukkannya seperti penggunaan dana desa.

Kemungkinan anggaran untuk bantuan tersebut bakal terealiasasi pada 2019 mendatang. Di Wonogiri sendiri ada 43 kelurahan yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Baca Juga :  1 Meninggal Tenggelam di Embung Galmojo Sambiroto Pracimantoro Wonogiri

“Nominalnya adalah minimal dana desa yang terendah atau sekitar Rp 600 juta pertahun. Anggaran itu nanti posnya dikelola di tingkat kecamatan,” jelas Bupati Joko Sutopo di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (4/7/2018).

Rencana itu, jelas Bupati dilatarbelakangi surat dari Kemendagri yang diterima beberapa waktu lalu. Pemkab Wonogiri mendapat amanah baru, untuk memberikan perhatian terhadap pemerintahan kelurahan.

“Upaya tersebut dapat dipastikan untuk membentuk suatu keseimbangan dan menghapus ketimpangan seperti apa yang terjadi selama ini, antara desa dan kelurahan. Meskipun dana yang dikelola tidak sebesar dana yang diterima oleh pemerintah desa,” sebut Bupati.

Baca Juga :  Persempit Ruang Gerak Aksi Tawuran hingga Balap Liar selama Ramadhan 2024 ini yang Dilakukan Aparat

Soal mekanisme penggunaan dana menurut dia, kemungkinan besar tidak jauh berbeda dengan penggunaan dana desa. Misalnya untuk pembangunan infrastruktur dan lainnya.

“Untuk kualifikasi dan juknisnya belum. Sebatas uraian secara umum dari surat Kemendagri yang kami terima,” tandas dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com