JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Catat dan Tunggu, Kementan Janji Harga Daging Ayam Segera Turun

Ilustrasi pedagang ayam. Foto/JSnews
   
Ilustrasi/Tempo.co

JAKARTA – Beberapa hari ini harga daging ayam menjadi keluhan masyarakat lantaran harganya yang cukup tinggi. Namun terhadap keluhan tersebut, Kementerian Pertanian menjanjikan harga ayam turun menjadi Rp 32.000per kilogram dalam dua hari ke depan.

Harga tersebut adalah harga acuan penjualan. Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi, sejak beberapa hari lalu, Kementan telah melakukan operasi pasar di 43 cabang PD Pasar Jaya. “Biasanya dua hari kelar,” ujar Agung di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).

Dia yakin harga daging ayam segera turun tak lama lagi. Sebab dalam operasi pasar kemarin pun stok ayam yang digelontorkan tidak habis dibeli masyarakat. Sebanyak 3 ton daging tak laku diborong masyarakat.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Agung mengatakan upaya yang terus dilakukan Kementan antara lain menggencarkan operasi pasar. Mereka menggandeng para produsen besar untuk juga melakukan operasi pasar.

“Mereka meningkatkan volume dalam direct selling-nya. Mereka kan punya outlet-outlet, contohnya salah satu produsen, tapi saya enggak mau sebutkan, totalnya kira kira ada 700 titik diseluruh indonesia,” ujar Agung. Beberapa produsen berpartisipasi melakukan ekspor dengan berat total 40 ton atau 40 ribu ekor ayam.

Agung menyebut permasalahan bukan berada di produksi melainkan distribusi. Sebab, ia melihat adanya disparitas yang begitu lebar antara harga di produsen dan harga di eceran. “Daging ayam di produsen itu berkisar Rp 24-25 ribu per kilogram, kemudian dikonsumen Rp 48 ribu per kilogram. Itu enggak wajar,” kata Agung.

Baca Juga :  Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK, Bawaslu Akui Terima Laporan Jokowi Bagi Bansos di Dekat Spanduk Prabowo-Gibran

Berdasarkan pantauan Tempo di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu sore, 25 Juli 2018, harga ayam masih bertahan di harga Rp 42 ribu per ekornya. “Harganya belum turun sejak lebaran. Sampai sekarang ya sekitar Rp 40 ribuan ke atas. Dari agennya segitu sih,” kata Foni, penjual ayam di Pasar Kebayoran Lama.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com