JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Dahsyat Guncang Lombok hingga Bali. Sebanyak 10 Orang Tewas dan Puluhan Luka-luka 

Kondisi korban gempa di Lombok, NTB saat dievakuasi. Foto/Tempo.co
   
Kondisi korban gempa di Lombok, NTB saat dievakuasi. Foto/Tempo.co

LOMBOK- Gempa bumi dahsyat berkekuatan 6,4 SR tersebut mengguncang Lombok, Bali, dan Sumbawa sejak pukul 05.47 WIB pagi tadi. Hingga sementara, 10 orang di Lombok, NTB dilaporkan tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat guncangan gempa tersebut.

Hingga pukul 09.20 WIB, BMKG mencatat telah terjadi 66 kali gempa susulan.

Berdasarkan data terkini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Nusa Tenggara Barat, jumlah korban tewas akibat gempa Lombok kini bertambah menjadi 10 orang. Selain itu, sebanyak 40 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak.

“Diperkirakan dampak gempa akan bertambah mengingat pendataan masih berlangsung dan belum semua lokasi terdata,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis, Minggu (29/7/2018).

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Di Kabupaten Lombok Timur terdapat 8 orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, 10 orang luka ringan dan puluhan rumah rusak. Dari 8 korban meninggal terdapat satu orang warga negara Malaysia. Identitas korban meninggal dunia: Isma Wida/perempuan/30 tahun warga negara Malaysia, Ina Marah/perempuan/60 tahun, Ina Rumenah/perempuan/58 tahun, dan 5 orang meninggal dunia dalam pendataan identitas oleh petugas.

Sementara itu, di Kabupaten Lombok Utara terdapat 2 orang meninggal dunia, dan 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, dan 7 orang di Puskesmas Bayan.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Berdasarkan laporan juga terdapat longsor cukup besar dari Gunung Rinjani. Material longsoran mengarah ke utara pasca gempa 6,4 skala Richter. Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup. Aparat masih melakukan pemantauan terhadap dampak longsor yang ada.

Gempa tersebut dirasakan di daerah Lombok Utara, Lombok Timur, Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Karangasem, Singaraja, Gianyar dan beberapa wilayah di Bali.

Sementara itu, BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang. BMKG menjamin gempa yang terjadi saat ini tidak berpotensi tsunami.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com