JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Beberapa Kejutan yang Diperkirakan Bakal Terjadi Jelang Pendaftaran Pilpres 2019

pilpres
Ilustrasi
   
Ilustrasi

JAKARTA – Meski sampai sekarang belum terlihat siapa yang bakal menjadi Cawapres dari kubu Jokowi maupun Prabowo Subianto, namun diperkirakan bakal terjadi beberapa kejutan menjelang pendaftaran Pilpres 2019 mendatang.

Hal itu dikemukakan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari. Dia  mengatakan bakal ada berbagai kejutan menjelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden 2019.

Menurutnya, kejutan pertama dan kedua menjelang pilpres 2019 mendatang berasal dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kejutan pertama, apabila tiba-tiba Mahkamah Konstitusi mengabulkan judicial review mengenai syarat pencalonan presiden threshold,” kata Qodari di Sekretariat Solidaritas Ulama Muda Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/7/2018).

Baca Juga :  Terbukti Langgar Kode Etik, Pelapor Kecewa Anwar Usman Hanya Diberi Teguran Tertulis

Apabila MK membatalkan syarat presidential threshold 20 persen, Qadari meramalkan, bakal muncul banyak nama capres dan cawapres baru. Namun, kata dia, sangat kecil kemungkinan MK akan mengabulkannya.

Kejutan kedua, terkait judicial review masa jabatan wakil presiden. “Jika dikabulkan, Jusuf Kalla yang saat ini berada di luar wacana pembicaraan, bisa menjadi salah satu calon wakil presiden yang punya potensi besar dan kuat,” kata Qodari.

Kejutan lain, menurut Qodari, bisa berasal dari kubu Prabowo Subianto terkait dengan pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra itu yang menyatakan siap tidak mencalonkan diri jika ada calon yang lebih baik.

“Itu dimaknai oleh sebagian kalangan sebagai kemungkinan politk bahwa Pak Prabowo tidak maju dan mencalonkan calon presiden yang lain,” ujarnya.

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Saat ini, Qodari juga masih melihat kemungkinan besar muncul capres dari kubu Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut dia, SBY mempunyai keinginan yang besar agar putranya Agus Harimurti Yudhoyono maju sebagai cawapres, tetapi belum diterima oleh kubu Joko Widodo ataupun Prabowo.

Qodari masih melihat ada kemungkinan SBY akan membuat pilihan ketiga untuk pilpres 2019. “Yang terbentuk justru sebuah koalisi baru, Demokrat, PKS, PAN, bertiga mereka mengusung calon presiden baru Anies Baswedan dan AHY,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com