JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Pemkot Jogja Gagas Becak Listrik, Pengemudi Menolak dan Minta Jangan Ditangkapi

   
Tribunnews

JOGJA – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta saat ini tengah melakukan kajian untuk mencari pengganti becak motor. Namun demikian, sebagian pengemudi becak motor menolak rencana itu, dan meminta Polisi tidak menangkapi mereka saat beroperasi.

Dalam pengkajian itu, Pemkot Kota Jogja menggandeng peneliti dari Universitas Ahmad Dahlan.

“Ada dua kajian yang dilakukan lakukan, pertama soal becak yang jogjani dan becak listrik. Bidang Litbang yang melakukan kajian, tahun ini,”kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta, Edy Muhammad, Minggu (8/7/2018).

Baca Juga :  KPU Sleman Buka Tahapan Pilkada 2024, Segini Suara Minimal yang Harus Dikantongi Peserta Perseorangan

Dia menjelaskan, kajian yang dilakukan ini tujuannya untuk mencari solusi supaya nantinya becak yang ada digunakan, termasuk becak listrik tidak menyalahi aturan.

Menanggapi hal itu, Ketua Paguyuban Becak Motor Yogyakarta, Parmin menolak rencana pemerintah yang akan menerapkan becak listrik. Menurutnya becak listrik memiliki banyak kekurangan.

“Remnya masih karet, itu membahayakan orang banyak. Kan mesinnya sambungan itu. Bannya juga kecil, kalau bawa penumpang dua atau tiga pas nikung berbahaya,” kata Parmin.

Selain itu, suku cadang pun jadi kendala. Belum ada bengkel yang menjual suku cadang. Bengkel pun belum tentu bisa memperbaiki.

Baca Juga :  Keributan Antarkelompok di Yogya, Polisi Amankan Seorang Pemuda Berikut Gesper Besi

“Suku cadangnya gimana? Susah dapatnya, bengkelnya juga. Belum lagi kalau mengisi daya, mau dimana? Makanya kami menolak,” lanjutnya.

Sebelum ada becak dari Dishub, Parmin meminta kepolisian untuk tidak menangkap becak motor. Ia pun meminta becak motor diizinkan melewati Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) maupun jalan protokol.

“Ya janganlah ditangkap dulu, kalau memang melanggar lalulintas nggak apa-apa. Kalau tidak melanggar ya jangan ditangkap. Sebelum kami ketemu gubernur jangan ditangkapi dulu,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com