JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Prihatin Kemiskinan Sragen, Psikolog Dewi Novita: Boleh Miskin Harta, Jangan Miskin Mental!  

Dewi Novita Kurniawati. Foto/Wardoyo
   
Dewi Novita Kurniawati. Foto/Wardoyo

SRAGEN – Tingginya angka kemiskinan di Sragen dan laju pengurangan kemiskinan yang seret,  menjadi problem dan keprihatinan tersendiri. Pola pikir dan mental warga miskin dinilai menjadi faktor krusial yang harus mendapatkan pencerahan.

Salah satunya dengan kegiatan berbasis sosial seperti pelatihan soft skill bagi masyarakat secara gratis. Gagasan itu kini mulai dirintis dengan dibentuknya

Lembaga Sosial Pemberdayaan Masyarakat (LSPM) Duta Amanah Indonesia Sragen, Jumat (20/7/2018).

LPSM DAI itu bakal menjadi mitra pemerintah dalam membantu masalah sosial. Konsultan Psikolog LPSM, Dewi Novita Kurniawati menyampaikan dalam launching lembaga yang dipimpinnya ini akan melibatkan semua kepala desa dalam pelatihan soft skill.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

”Kami akan kelilling ke 20 kecamatan di Sragen dan melibatkan masyarakat termasuk kepala desa dalam pelatihan soft skill,” paparnya Jumat (20/7/2018).

Pihaknya menyampaikan dengan dasar psikologi akan mencoba merubaah mindset masyarakat. Seperti mendidik anak dengan pola asuh yang baik, parenting, membentengi anak remaja dari dampak negatif lingkungan dan pendampingan lansia dengan baik.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

”Dengan bekal ilmu psikologi, kita selesaikan masalah yang tidak diketahui secara fisik. Kami juga akan mengagendakan pengobatan gratis dengan melibatkan masyarakat,” urainya.

Namun salah satu agenda besar yakni merubah pola  pikir masyarakat  yang bergantung pada bantuan pemerintah. Kondisi masyarakat yang hanya berpangku tangan pada bantuan banyak ditemui di Sragen.

”Harapan kita, boleh miskin harta, tapi jangan miskin mental,” kata Dewi. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com