JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tyas Wulansari. Pengalaman Mengagetkan

Tyas Wulansari. Dok. Pribadi
   
Tyas Wulansari. Dok. Pribadi

WONOGIRI-Kendati baru sekitar setahun lebih sedikit bekerja di Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, sudah cukup banyak pengalaman yang diperoleh seorang Tyas Wulansari. Sebagian pengalaman tergolong menarik dan mengagetkan.

Staf rekomendasi untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Dinas Sosial Wonogiri ini menceritakan beberapa kejadian menariknya. Kejadian tersebut bukan sekali dua kali dialami, namun sudah berulang terjadi.

Dia mengaku sering didatangi warga yang meminta rekomendasi pengurusan BPJS maupun pengurusan kartu indonesia sehat (KIS). Rekomendasi dikeluarkan oleh Dinas Sosial, dan dialah pegawai yang paling sibuk untuk urusan itu.

Acapkali warga datang, hendak mengurus KIS. Namun, pada kenyataannya, mereka datang dengan penampilan jauh dari kesan warga kurang mampu, sebagaimana peruntukan KIS.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

“Mereka datang mengendarai mobil bagus, dilihat dari foto rumahnya juga bukan termasuk warga kurang mampu, karena rumahnya sangat layak huni,” ujar perempuan manis berusia 28 tahun ini, Sabtu (28/7/2018).

Kendati demikian, yang bersangkutan tetap diberikan rekomendasi pengurusan KIS. Pasalnya sudah mengantongi surat keterangan tidak mampu dari pemerintah desa setempat.

“Ada juga pengalaman lainnya yang membuat saya merasa kasihan. Banyak juga warga yang datang mencari rekomendasi BPJS, tapi berkasnya kurang lengkap. Padahal rumahnya jauh, kasihan kalau bolak-balik dari rumahnya menuju kantor Dinas Sosial,” beber warga Lingkungan Donoharjo RT 5 RW 2, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri ini.

Baca Juga :  Potret Nyata Upaya Basmi DBD di Jatisrono Wonogiri, Full Kebul alias Fogging Bolo

Tyas, panggilan akrabnya, baru sejak Januari tahun lalu mengabdi di Dinas Sosial. Dalam satu hari rata-rata ada sekitar 5-6 warga harus dilayani. Namun kadang jumlahnya membengkak dua kali lipat.

“Tidak pernah capek, Mas. Prinsipnya saya bekerja dengan senang, senang karena bisa membantu orang lain, apalagi yang sedang membutuhkan,” jelas Tyas.

Dia mengaku masih harus banyak belajar bekerja di bidang sosial. Pasalnya, ranah tersebut termasuk hal baru bagi dia. Sebelumnya dia bekerja di perusahaan swasta yang tentu saja berorientasi pada profit. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com