JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Wisudawan UNS Harus Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Istimewa
   
Istimewa

SOLO- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda 999 mahasiswanya leriode III tahun 2018, Sabtu (7/7/2018), di Audiotrium Kampus setempat. Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi berpesan agar para wisudawan siap menghadapi era yang banyak disebut-sebut sebagai era Revolusi Industri 4.0, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia.

“Segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited), karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi,” paparnya.

Prof Ravik menambahkan kuantitas bukan lagi menjadi indikator utama bagi suatu perguruan tinggi dalam mencapai kesuksesan, melainkan kualitas lulusannya. Kesuksesan sebuah negara dalam menghadapi revolusi industri 4.0 erat kaitannya dengan inovasi yang diciptakan oleh sumber daya yang berkualitas, sehingga Perguruan   Tinggi    harus    dapat    menjawab    tantangan untuk menghadapi kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja di era globalisasi.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri

“Untuk menjawab itu semua, UNS telah lama melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran dan riset. Sudah sejak lama UNS menjawab tantang itu, misalnya dengan blended learning. Demikian juga semua pelayanan di UNS, baik adminsitrasi maupun akademik sudah dilakukan secara online,” imbuhnya.

Lebih lanjut Rektor UNS Prof Ravik mengatakan kepada para wisudawab agar tidak pesimis menghadapi era revolusi industri 4.0  itu karena mendesrupsi banyak pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia secara manual. Indonesia ini ini punya modal pasar domestik yang besar dan memiliki universitas yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Moadal lainnya, adalah bahwa Indonesia sampai tahun 2030 masih menikmati Bonus Demografi dimana tenaga kerja dengan usia produktif begitu besar.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof Sutarno menambahkan, Periode III dibulan Juli berjumlah 999 mahasiswa yang diwisuda terdiri dari Lulusan Pascasarjana 152 wisudawan, Lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis sebanyak 7 wisudawan, Lulusan Program Sarjana sebanyak 658 wisudawan berasal dari 10 Fakultas, Lulusan Program Diploma IV sebanyak 4 wisudawan berasal dari Fakultas Kedokteran, Lulusan Program Diploma III sebanyak 178 wisudawan berasal dari 7 Fakultas.

““Diantara para lulusan tersebut terdapat 513 wisudawan lulus dengan predikat ”cumlaude atau dengan pujian”. Sejak berdirinya Universitas Sebelas Maret Sampai dengan wisuda pada hari ini,  jumlah lulusan Program Doktor, Magister, Dokter Spesialis, Profesi Akuntansi, Sarjana dan Diploma Universitas Sebelas Maret adalah 173.296 alumni,” tukasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com