JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

1500 Hektare Genangan Waduk Gajah Mungkur Berubah Jadi Tanaman

Foto ilustrasi kekeringan / Dok Joglosemarnews
   
Tanah retak di dasar Waduk Gajah Mungkur

WONOGIRI-Musim kemarau seperti saat ini membuat permukaan air Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri kian menyusut. Akibatnya, genangan air di tepian waduk menjadi kering.

Kondisi itu dimanfaatkan petani untuk menanam padi dan palawija di area pasang-surut waduk tersebut. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri Safuan mengungkapkan, potensi lahan pertanian pada area pasang-surut Waduk Gajah Mungkur mencapai 1.500 hektare.

“Di musim kemarau ini air waduk surut, sehingga petani menanaminya dengan berbagai tanaman padi dan palawija,” kata dia, Senin (13/8/2018).

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

Area pasang-surut Waduk Gajahmungkur itu tersebar di beberapa kecamatan. Antara lain Wuryantoro, Wonogiri, Eromoko, Baturetno, Nguntoronadi, dan Ngadirojo. Sebagian dari petani menggunakan mesin pompa untuk mengalirkan air waduk ke lahan pertanian. Ada juga yang membuat sumur pantek.

Menurutnya, pemanfaatan area pasang-surut waduk bisa membantu produksi pangan di musim kemarau. Hal itu karena sebagian besar lahannya ditanami padi.

Kepala Desa Tegalharjo, Kecamatan Eromoko, Sukimin mengungkapkan, petani memanfaatkan area pasang-surut Waduk Gajahmungkur setiap kemarau tiba. Mereka menanaminya dengan padi, jagung, sayuran, dan terkadang menanam sorgum atau cantel untuk pakan ternak.

Baca Juga :  Persempit Ruang Gerak Aksi Tawuran hingga Balap Liar selama Ramadhan 2024 ini yang Dilakukan Aparat

Hal senada diutarakan Andi Wirawan, Kepala Desa Glesungrejo, Kecamatan Baturetno. Sebagian petani memanfaatkan area pasang-surut waduk itu dengan menanam cabai dan sayuran.

Sementara produksi gabah Wonogiri pada 2017 lalu mencapai 426.000 ton gabah kering giling atau setara 263.000 ton beras. Alhasil, Wonogiri mencetak surplus beras sebanyak 163.163 ton. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com