JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

ACT Yogyakarta Beri Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

   
Dok ACT Yogyakarta

LOMBOK – Bantuan kemanusiaan untuk korban Gempa Lombok,  Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berdatangan. Minggu  (12/8/2018) siang, sebanyak 5 Truk Kemanusiaan dari Lembaga ACT Yogyakarta tiba di Lombok Barat.

Dijelaskan Nasrudin dalan rilisnya ke Joglosemarnews, truk-truk kemanusiaan tersebut sebelumnya telah menempuh perjalanan dari Yogyakarta sejak Jumat sore (10/8/2018), dan tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi Sabtu (11/8/2018) malam, kemudian diteruskan melintasi Selat Bali dan menyeberang Selat Lombok.

Truk yang membawa sembako, pakaian, serta perlengkapan sanitasi, merupakan sumbangan dari masyarakat Yogyakarta, yang dipercayakan kepada ACT DIY untuk disalurkan kepada korban gempa Lombok.

Kedatangan Truk Kemanusiaan dari ACT DIY di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, langsung disambut hangat oleh TNI, Dinas Perhubungan Provinsi NTB serta mendapat pengawalan dari Polda NTB dari pelabuhan hingga Posko Induk ACT yang terletak di Mataram-NTB.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

Agung selaku Relawan ACT yang ikut rombongan Truk Kemanusiaan menyampaikan rasa syukurnya telah sampai di Lombok dengan selamat.

“Alhamdulillah, setelah perjalanan kurang lebih 2 hari sejak Jumat kemarin, hari ini truk yang membawa bantuan kemanusiaan tiba juga di Lombok,” ujar Agung, sebagaimana dikutip dalam rilis.

Setelah 5 Truk Kemanusiaan dari Yogyakarta sampai di Lombok, datang menyusul 5 Truk Kemanusiaan dari ACT Jawa Timur dan 7 Truk Kemanusiaan dari ACT Jawa Barat.

Sebelumnya, Senin (6/8/2018) melalui jalur udara, bantuan dari ACT yang berupa armada Foodtruck, Ambulan dan Mobil Rescue serta bahan bantuan lainnya, diangkut mengunakan pesawat Hercules dari Jakarta.

Sementara bantuan kemanusiaan untuk Lombok yang menggunakan jalur darat (armada truk), ditujukan untuk memberi pesan kemanusiaan kepada masyarakat di perjalanan menuju Lombok, bahwa ada saudara-saudara kita di Lombok yang sedang dilanda  bencana dan sedang membutuhkan kepedulian bersama.

Baca Juga :  Yusril Nilai Permintaan untuk Mendiskualifikasi Gibran dalam Pilpres Terlambat

Bantuan kemanusiaan untuk Lombok tidak selesai sekali ini saja, “rencananya setelah hari raya Idul Adha (Qurban), ACT DIY akan mengirimkan Truk Kemanusiaan tahap 2, dengan membawa bantuan lebih banyak” ujar Agus Budi Hariyadi, Kepala Cabang ACT DIY.

“Alhamdulillah, setelah keberangkatan Truk Kemanusiaan tahap 1 kemarin, bantuan kemanusiaan dari masyarakat Yogyakarta terus mengalir, menggambarkan bahwa masyarakat Jogja adalah masyarakat yang peduli terhadap terhadap bencana di Lombok” tambahnya.

Selain itu atas sinergi dengan TNI AL, pada 17 Agustus mendatang ACT juga akan mengirimkan 1000 ton bantuan kemanusiaan  untuk Lombok menggunakan armada kapal laut yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. #Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com