JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Fix, Penjual dan Peminum Miras di Sragen Bakal Dijerat Pidana Sampai 6 Bulan Penjara. Ada 10 Golongan Yang Kecipratan Dosa Miras 

Tak hanya itu, juga disinggung miras dari sisi agama utamanya Islam yang tegas dinyatakan haram. Hal itu juga diperkuat dengan beberapa ayat di Alquran yang menyebut 10 golongan yang akan menanggung dosa terkait miras.

Sepuluh golongan itu meliputi yang memerasnya, yang minta diperaskan, yang meminumnya, yang membawanya, yang minta diantarkan, yang menuangkannya, yang menjualnya, yang makan hasil penjualannya, yang membelinya dan yang minta dibelikan.

Baca Juga :  Jadi BUMDes Terkaya, Ini Kunci Sukses Pengelolaan BUMdes Kaliwedi Sragen (Bag 2)

Kabag Hukum Setda Sragen, Yulianto mengatakan penyuluhan hukum bertema Waspada Miras itu digelar dengan tujuan agar peserta bisa turut menyebarluaskan ke masyarakat tentang bahaya miras dan ikutserta melakukan pengawasan di lapangan.

Menurutnya Sragen memang sudah memiliki Perda Miras akan tetapi untuk pelaksanaannya masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) yang kini tinggal finalisasi.

Yuli menyampaikan selain mengatur perijinan dan prosedur, Perda juga mengatur sanksi hukum mulai dari sanksi administrasi untuk penjual dan pengecer hingga sanksi pidana bagi pelanggarnya.

Baca Juga :  Masih Banyak Pesilat yang Terpancing Hoax, Pimpinan PSHT Solo Raya Pusat Madiun Datangi Polres Sragen

“Sanksi pidana berlaku untuk penjual, pengecer, konsumen yang minum di tempat di luar ketentuan bisa kena. Tapi kalau Perda itu prosesnya ditangani penyidik PPNS dulu baru kemudian diserahkan ke polisi untuk diproses sesuai hukum,” tandasnya. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com