JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Ini Ciri Hati Sapi yang Mengandung Cacing



Ilustrasi/Tribunnews

JOGJA – Di antara daging hewan kurban yang melimpah di hari raya Idhul Adha, tidak menutup kemungkinan terselip hati sapi yang di dalamnya mengandung cacing.

Apa yang harus dilakukan bila kita menjumpai atau menerima hati sapi yang mengandung cacing,  Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto menegaskan  agar warga mampu menangani hewan kurban dengan baik.
Termasuk bila ditemukan cacing hati pada hati hewan kurban.

Baca Juga :  Kelurahan Sinduharjo Sleman Dideklarasikan Sebagai Kelurahan Damai Bertepatan dengan Peringatan Hari Perdamaian Dunia 2021

“Kalau secara visual, cacing hati bisa diamati. Kalau yang terkontaminasi 5-10 persen, bisa diiris bagian yang terkontaminasi lalu sisanya bisa dikonsumsi,” ujarnya, Selasa (21/8/2018).

Sementara,  bila ditemukan sebanyak 50 persen cacing hati pada hewan kurban, maka Sugeng meminta agar warga tidak mengonsumsi hati tersebut.

Advertisement

“Dampaknya memang tidak bisa dirasakan seketika. Sama halnya kita makan ulat yang ada di dalam pete. Bisa kena, bisa nggak,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mau Beli Rumah Kost di Yogya? Selama Pandemi Ini Banyak yang Diobral Lho!

Penanganan hati hewan kurban yang terkontaminasi cacing hati, lanjutnya, adalah dengan cara menimbun bagian tersebut dengan tanah.

Baik yang telah diiris sebagian atau yang mencapai 50 persen terkontaminasi cacing hati.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua