JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pemandangannya Keren. Upacara 17 Agustus di Landasan Gantole Puncak Joglo Wonogiri

Upacara 17 Augustus di Puncak Joglo dengan latar belakang Waduk Gajah Mungkur.
   
Upacara 17 Augustus di Puncak Joglo dengan latar belakang Waduk Gajah Mungkur.

WONOGIRI-Ratusan warga Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri menggelar upacara bendera memperingati Hari Proklamasi 17 Agustus, Jumat (17/8/2018). Uniknya, lokasi upacara adalah di landasan gantole Puncak Joglo, desa setempat.

Lokasi upacara berada tepat di sisi atas Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. Sambil mengikuti upacara, peserta disuguhi pemandangan keren WGM plus deretan perbukitan yang membentang di Wonogiri.

Semua elemen masyarakat Desa Sendang larut dalam kekhidmatan upacara. Baik anak sekolah, tua-muda, ibu PKK, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), perangkat desa, maupun pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sendang Pinilih selaku pengelola obyek wisata di Desa Sendang.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Selalu inspektur upacara adalah Penjabat Sementara (PJs) Kepala Desa Sendang, Suparno. Dia membacakan amanat Bupati Wonogiri, Joko Sutopo dan didengarkan para peserta.

“Peringatan Proklamasi tahun ini begitu istimewa, bertepatan dengan pelaksanaan perhelatan akbar olahraga Asian Games 2018. Harapan kita semangat nasionalisme ini memberikan dukungan dan menggelorakan atlet kita untuk meraih prestasi. Semoga menjadi kado indah bagi HUT ke-73 RI,” kata dia.

Semangat yang sama, ujar dia, juga harus ada untuk ikut membangun dan memajukan Wonogiri. Hal ini sesuai dengan sesanti atau semboyan, Sesarengan Membangun Wonogiri.

Usai upacara, dia menyebutkan upacara 17 Agustus di Puncak Joglo, baru kali pertama diadakan. Melihat antusiasme peserta yang tinggi, serta potensi yang ada di kawasan wisata itu, diharapkan agenda yang sama digelar pula tahun depan.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Potensi sangat bagus, sangat menarik di sini,” sebut dia

Selain upacara, jelas dia, untuk memeriahkan HUT ke-73 RI, Desa Sendang juga menggelar aneka lomba. Misalnya jalan sehat, sepakbola, badminton, dan gobak sodor.

Sementara Direktur BUMDES Sendang Pinilih, Sukamto mengatakan, sangat mendukung kegiatan positif apapun yang dilaksanakan di Puncak Joglo. Pihaknya membuka tangan bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan lokasi Puncak Joglo. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com