JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pencak Silat Borong 14 Emas, Ini yang Dilakukan Jokowi kepada Prabowo

   
tempo.co

JAKARTA – Atmosir persaingan menjelang Pilpres 2019 antara Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo yang sempat memanas, sempat menjadi sejuk dengan ajang Asian Games 2018 ini. Apalagi ketika Pencak Silat berhasil memborong 14 medali emas dari total 30 medali emas yang telah diraih para atlet Indonesia.

Karena itu, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto karena telah mengomandani para atlet pencak silat.

“Saya hadir di sini pertama untuk mengucapkan terima kasih dan memberi selamat pada teman baik dan sahabat baik saya, Pak Prabowo selaku ketua IPSI,” kata Jokowi. Selain itu, Jokowi mengatakan akan memberi perintah untuk memberikan bonus secara langsung kepada atlet Pencak Silat yang telah menyumbangkan medali untuk Indonesia.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Menurut Jokowi, ada prosedur untuk memberikan bonus kepada para atlet sebelum keringat mereka mengering. “Uang negara habis paling banyak untuk pencak silat, tapi saya kira semua masyarakat bangga,” ujarnya dengan nada berkelakar.

Ada satu momen terjadi ketika Jokowi dan Prabowo menyaksikan pertandingan. Saat pesilat Indonesia Hanifan Yudani Kusumah berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan pesilat Vietnam Nguyen Thai Linh, ia melakukan perayaan sambil membawa bendera Indonesia. Hanifan kemudian menyambangi area kursi VVIP dan memeluk Jokowi serta Prabowo sekaligus. Kejadian ini disambut tepuk tangan riuh di dalam venue Asian Games 2018.

Jokowi pun mengunggah foto pelukan tersebut di akun Twitter resminya. “Kami bertiga berpelukan dalam selubung Merah Putih,” ujar Jokowi di akun Twitternya, Rabu (29/8/2018). “Selamat kepada para atlet, pelatih, dan pengurus pencak silat Indonesia.”

Baca Juga :  Sampai Rabu, MK Telah Menerima 21 Amicus Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Calon Presiden Prabowo Subianto menyatakan rasa terima kasihnya pada presiden Joko Widodo atau Jokowi karena telah menghadiri pertandingan Pencak Silat dalam partai final di Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Rabu 29 Agustus 2018. Menurut Prabowo, kehadiran Jokowi beserta para tokoh negara lainnya turut memberi semangat bagi masyarakat Pencak Silat.

“Bayangkan semua hadir disini di saat-saat kritis. Ini bagaikan semangat untuk masyarakat pencak silat. Kita bangga bisa berperan dan berbuat yang terbaik untuk negara dan bangsa,” kata Prabowo didampingi Jokowi seusai menyaksikan pertandingan final Pencak Silat Asian Games 2018, Jakarta Timur, Rabu 29 Agustus 2018.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com