JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Perajin Payung Asal Klaten Ini Punya Misi Lestarikan Tradisi

   
joglosemarnews/A Setiawan

KLATEN –  Dalam budaya dan tradisi Jawa,  khususnya dalam cerita jawa tidak lepas dari properti yang berupa payung, payung yang sering digunakan dalam kraton maupun masyarakat tempo dulu.

Hal ini yang mendasari masyarakat Gumantar RT 01 RW 03, Tanjung, Juwiring Klaten menjadi perajin payung. Klaten (28/08/18).

Payung zaman dulu tidak hanya digunakan untuk melindungi dari panas maupun hujan, karena payung zaman dulu digunakan untuk simbol siapa yang ada di balik payung tersebut dan apa jabatannya.

“Payung tradisional seperti ini sekarang sudah tidak banyak yang membuat, maka kami masyarakat di Desa Gumantar berusaha melestarikan ini, jangan sampai payung-payung seperti ini diklaim oleh bangsa lain,’
ujar Wigit Gunarto selaku pemilik kerajinan payung Honocoroko kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

“Payung tradisional seperti ini sudah ditiru oleh beberapa negara asing, contohnya Cina dan Thailand. Oleh karena itu jangan sampai tidak ada masyarakat Indonesia yang mau melestarikan hasil karya anak bangsa,” imbuhnya.

Wigit Gunarto juga menambahkan, ukuran payung yang sering  dibuat ada 3 macam, yaitu ukuran diameter 60 cm, 80 cm dan 100 cm.

“Kami juga bisa membuat payung sesuai pesanan atau seperti payung kerajaan, dengan macam-macam motif bordir, lukis, klasik ( Jawa ).” #A. Setiawan

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com