JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ribuan Guru PAUD Bergaji Tak Manusiawi, Advokat Didi Tergerak Ajukan Judicial Review ke MK 

Didi Supriyanto. Foto/Wardoyo
   
Didi Supriyanto. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Advokat Didi Supriyanto mengajukan judicial review atau peninjauan kembali terhadap UU Sistem Pendidikan Nasional. Langkah itu dilakukan menyusul banyaknya keluhan dari guru Pendidikan Anak Usiw Dini (PAUD) se-Indonesia terkait minimnya honor dan belum masuknya Guru PAUD dalam rumpun guru di UU Pendidikan.

“Latar belakang kami mengajukan gugatan karena kami menerima banyak keluhan dari guru PAUD se-Indonesia. Jumlah guru PAUD itu ribuan, keluhannya banyak sekali anggaran guru PAUD yang tidak lancar,” papar Didi Supriyanto saat menghadiri acara jalan dan senam sehat HUT RI di Peleman, Gemolong, Sragen, MInggu (26/8/2018).

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Didi adalah advokat kelahiran Solo yang kini berdomisili di Jakarta. Menurutnya nominal honor untuk guru PAUD saat ini sangat kecil. Selain itu, pencairannya juga tidak lancar, dibayarkan tiga bulan sekali bahkan kadang masih tega dipotong.

“Enggak sampai Rp 500.000 sebulan. Itupun kadang ada yang enggak sampai. Bahkan istilahnya bagi ibu-ibu guru PAUD untuk dandan saja, tidak cukup. Apalagi untuk mengurus anak-anaknya. Makanya ini yang sedang kami perjuangkan agar mereka bisa mendapat penghargaan dan hak yang sama seperti guru-guru lainnya,” urainya.

Didi yang nyaleg dari Nasdem DPR RI Dapil Jateng IV itu menuturkan judicila review diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan materi meminta agar elemen guru PAUD bisa dimasukkan ke rumpun guru di UU Pendidikan. Sehingg mereka bisa mendapat hak yang setara dengan guru lainnya.

Baca Juga :  Gara-gara Jualan Obat Mercon Saat Bulan Suci Ramadhan Pemuda di Sragen Ditangkap Polisi Terancam Pidana

Ia berharap judicial review bisa dikabulkan MK sehingga bisa menyetarakan hak guru PAUD dengan guru rumpun lainnya.

“Kita harus hargai guru-guru PAUD ini sudah sukarela mangajarkan anak-anak kita. Dasar yang ditanamkan ke anak-anak usia dini itu sangat penting dan berperan menjadi fundamen yang membentuk karakter serta menentukan akan jadi apa mereka kelak,”  pungkas Didi. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com