Kebuh buah tin milik Sudarsih

PONOROGO-Buah tin memiliki sejuta manfaat. Buah yang tercantum dalam Alquran ini juga mendatangkan ide dan peluang bisnis yang dirasa menguntungkan bagi para pebisnis pertanian.

Sudarsih, seorang wirausaha pembudidaya tanaman tin menyatakan prospek tanaman ini sangat cerah.

“Tanaman tin mulai banyak diketahui masyarakat, banyak manfaatnya
untuk kesehatan dan disukai karena tanamannya yang mudah tumbuh serta mudah pemeliharaannya,” ujar dia, Minggu (19/8/2018).

Baca Juga :  Ragam Menghemat Keuangan, Agar Saldo Tidak Minus di Akhir Bulan

Dia menerangkan, tin suka kondisi tanah yang basah tapi tidak suka yang becek. Cukup dengan sekam dan kompos pupuk kandang pohon tin dapat tumbuh dan berbuah. Buah tin tergolong buah istimewa, karena disebutkan dalam kitab Alquran.

Advertisement

Ternyata bukan hanya buahnya yang berkhasiat, menurut dia daun dari tanaman tin ini juga berkhasiat. Buah tin mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, dan potassium serta kaya nutrisi.

Baca Juga :  Alasan Mengapa Perusahaan Harus Memiliki Website

Saat ini ada 75-nan jenis tin yang dikembangkan oleh Sudarsih. Di antaranya Green Yordan, Brown Turki, Purple Yordan, Red Palestine, Blue Giant dan Panace Tiger. Maupun Tin Jolly Tiger Varigata JTV yang paling mahal, dimana harga fresh cangkok saja mencapai Rp 1juta.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua