JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Segera Miliki Landasan Pacu Gantole Baru, Bersanding Dengan Puncak Joglo

Pilot gantole mengudara di atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
   
Pilot gantole mengudara di atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

WONOGIRI-Wonogiri segera memiliki landasan pacu untuk gantole terbaru. Keberadaannya bakal bersanding dengan Puncak Joglo, sebagai landasan olahraga dirgantara yang lebih dahulu mendunia.

Lokasi landasan gantole baru ada di Dusun Prampelan, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Masih menjadi satu jajaran perbukitan di Puncak Joglo. Lokasinya berada beberapa ratus meter di bawah Puncak Joglo. Pengelolaannya ada di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sendang Pinilih, Desa Sendang.

“Kami perlu membuka landasan pacu baru, sebagai pelengkap pengembangan olahraga dirgantara di Wonogiri,” ungkap Direktur BUMDES Sendang Pinilih, Sukamto, Jumat (17/8/2018).

Baca Juga :  Bakso dan Mie Ayam Wonogiri Tetap Jadi Primadona Lebaran 2024

Selama ini, jelas dia, Puncak Joglo cocok bagi landasan pacu gantole untuk nomor Cross Country. Sedangkan untuk nomor ketepatan mendarat, dinilai kurang cocok.

“Landasan baru nanti untuk nomor ketepatan mendarat. Jadi rencananya take off di Landasan Prampelan dan landing di sekitar lapangan WGM (Waduk Gajah Mungkur),” jelas dia.

Pihaknya yakin dengan dibukanya landasan baru bakal membuat olahraga dirgantara lebih berkembang. Pasalnya nomor apapun yang akan diikuti para pilot atau penerbang, tersaji komplit. Pun wisatawan yang ingin menjajal sensasi terbang, memiliki pilihan lebih banyak.

“Perekonomian juga menggeliat, nanti warga bisa membuka homestay, warung makan, dan sejenisnya,” sebut dia.

Baca Juga :  Operasi Ketupat Candi 2024 Selesai, Hasilnya?

Selama ini andalan tempat wisata BUMDes Sendang Pinilih, ujar dia adalah bukit tinggi di Watu Cenik dan Bukit Joglo yang menjadi semacam gardu pandang, serta landasan pacu Gantole di Puncak Joglo. Pengunjung bisa menikmati pemandangan menarik Wonogiri, lengkap dengan deretan perbukitan plus Waduk Gajah Mungkur.

“Pengunjung kami persilakan menikmati sensasi bergantole secara tandem dengan instruktur profesional. Kami sudah bekerjasama dengan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) khususnya pengembangan olahraga gantole. Kami ingin tempat ini semakin nyaman,” tandas dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com