Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA – Ada satu fakta yang menarik di negara Spanyol. Berbanding terbalik dengan Indonesia, populasi babi di negeri itu justru melebihi jumlah penduduk yang ada.  Untuk membatasinya, pemerintah melarang pertumbuhan peternakan-peternakan babi yang baru.

Kementerian Lingkungan Spanyol merilis laporan bahwa populasi babi telah melebihi jumlah populasi manusia di Spanyol. Ada 50 juta babi berbanding 46,5 juta manusia, yang berarti peningkatan sekitar 9 juta babi dalam 5 tahun terakhir.

Dilansir dari International Business Times, 25 Agustus 2018, industri daging yang menghasilkan US$ 6,8 miliar (Rp 99 triliun) dengan memproduksi lebih dari 4 juta ton produk daging babi pada tahun 2017 merupakan ancaman lingkungan. Pengamat lingkungan mengatakan babi mengonsumsi 15 liter air sehari, yang merupakan masalah besar di negara yang sering terkena kekeringan.

Baca Juga :  Viral, Lucu Sedang Siaran Langsung Zoom Mensos ini Diganggu Anak Dengan Wortel Berbentuk "Aneh"

Jumlah air yang digunakan di peternakan babi Spanyol dalam sehari lebih dari kota-kota Zaragoza, Sevilla dan Alicante jika digabungkan, menurut ahli lingkungan. Selain itu, nitrat dari kotoran hewan juga mencemari air tanah.

Advertisement

“Kami telah beralih ke model industri dan intensif dengan konsekuensi serius pada sumber daya air dan atmosfer,” kata Dani González seorang Ekolog.

Baca Juga :  Cetak Sejarah Baru! SpaceX Kirim Warga Sipil ke Luar Angkasa

Ledakan populasi ternak negara membuat pertanian sebagai penghasil emisi karbon terbesar keempat, setelah transportasi, pembangkit listrik dan industri.

Akibatnya, beberapa juru kampanye lingkungan menuntut larangan terhadap peternakan babi baru. Pemerintah juga telah berjanji untuk mengatasi potensi ancaman lingkungan yang ditimbulkan oleh ledakan populasi dalam industri daging dengan menerapkan standar baru dalam peternakan babi. Tindakan ini untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan lingkungan dan kebersihan di industri serta kesehatan dan kesejahteraan hewan.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua