JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Yuk, Outing Class Sembari Mengenal Gamelan di Museum Radya Pustaka

   
Ilustrasi/Tribunnews

SOLO – Menyambut  event  International Gamelan Festival (IGF) 2018, akan digelar “1001 Doodle Art Gamelan”.

Kegiatan yang digagas oleh KomuniKotaVisual  bekerjasama dengan Saujana Gamelan tersebut akan dihelat Selasa (7/8/ 2018)  mulai pukul 09.30 – 11.00 WIB  di halaman lobby museum.

Basnendar H  selaku founder KomuniKotaVisual dalam rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, kegiatan itu akan diikuti para siswa  kelas 3, 4, dan 5 SD Negeri Bumi I Surakarta.

“Kegiatan akan diawali dengan pemberian informasi  seputar  gamelan. Misalnya  gamelan  genderan yang bernama Larasdi  yang punya keunikan pada wujud dan jumlah instrumennya serta gamelan Ageng KRA Sosrodingrat IV (pepatih dalem Sri Susunan Paku Buwono X),”  jelas Basnendar.

Baca Juga :  PDIP dikabarkan  Bakal Merapat ke Prabowo, Begini  Reaksi Gibran

Dijelaskan, kegiatan kreatif untuk mengenalkan koleksi museum, khususnya gamelan ini dilakukan dengan  aktivitas mewarnai doodle art yang sudah disiapkan dalam kertas ukuran A4 .

“Para siswa bebas mewarnai dengan media beragam, seperti  spidol, crayon, pastel, pensil warna, dan media lainnya ini sebagai bentuk dukungan event dunia yang direncanakan nanti pada tanggal 9-15 Agustus 2018,  dimana kota Solo mendapat kehormatan menjadi tuan rumah International Gamelan Festival (IGF) 2018,” bebernya.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

Sementara itu Koordinator Saujana, Hendra Himawan menjelaskan, kegiatan ini juga untuk memberi wahana berkreativitas dan berekspresi.

“Selain itu siswa sekolah dasar ini bisa belajar di luar kelas untuk mengenai sejarah dan seni tradisi, serta untuk mengenalkan kembali dan melestarikan gamelan, sesuai tema besar IGF 2018, yaitu Home Coming,” paprnnya. #Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com