JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Anak Anda Demam, ini Beberapa Cara Meredakannya Tanpa Obat

pexels.com
   

pexels.comKetika anak rewel karena suhu badannya panas alias demam, biasanya akan membuat orangtua merasa khawatir. Demam sebenarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan kuman yang masuk. Namun demam tetap harus diatasi karena bisa membahayakan anak.

Demam juga sebenarnya bisa turun sendiri tanpa anak diberi asupan obat menurun panas. Namun sejumlah cara berikut bisa dilakukan untuk cepat turunkan demam anak tanpa obat:

Kaus Kaki Basah
Ketika suhu tubuh tinggi, coba pakaikan kaus kaki basah pada anak saat tidur. Namun, jangan basahi kaus kaki dengan air biasa.

Caranya, isi mangkuk dengan dua gelas air dan tambahkan satu sendok makan cuka. Setelah itu rendam sepasang kaus kaki ke dalam mangkuk tersebut. Peras, kemudian pakaikan pada anak.
Dalam waktu 40 menit, penggunaan kaus kaki basah dapat menurunkan suhu yang tinggi. Penelitian mengungkapkan, cuka dapat menurunkan demam dan meningkatkan aliran darah.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Kompres
Cara ini sudah banyak dan sering dilakukan. Sediakan air hangat lalu celupkan kain atau handuk kecil ke dalamnya. Tempelkan di dahi hangat. Bila lap atau handuk sudah mulai dingin, celupkan kembali ke air hangat.
Cara yang paling efektif saat anak demam ialah mengompres seluruh tubuhnya dengan cara membasuh dengan air hangat yang dapat dilakukan berkali-kali.
Membasuh air hangat dapat juga dilakukan dengan mengajak anak mandi, dan sama sekali tidak berbahaya sepanjang menggunakan air hangat. Mandi air hangat selain membantu meredakan demam, juga membuat anak nyaman.
Ketika air menguap dari kulitnya, akan mendinginkan dan membawa suhu ke bawah. Jangan gunakan air dingin. Hal ini dapat membuat dia menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya meningkat.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Asupan Cairan
Penting untuk memperhatikan asupan cairan pada anak demam. Berikan banyak anak cairan atau sup seperti minuman hangat atau jus buah segar, untuk membantu mendinginkan tubuh dari dalam ke luar dan tetap terhidrasi.

Pakaian Tipis
Tanggalkan lapisan pakaian sehingga anak dapat kehilangan panas lebih mudah melalui kulitnya. Bajunya dalam satu lapisan pakaian tipis saja. Jika dia menggigil, memberinya selimut tipis sampai dia hangat lagi.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com