JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Bandara Adi Soemarmo Raih Penghargaan Bandara Prima Madya

Triawati
   
Triawati

BOYOLALIBandara Adi Soemarmo Solo yang terletak di Ngemplak, Boyolali meraih penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2018. Pemberian penghargaan dilakukan Senin (17/9/2018) oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, di Jakarta.

Penghargaan yang diterima oleh Bandara Adi Soemarmo tersebut juga diterima oleh seluruh Bandara Angkasa Pura I yaitu sebanyak 13 bandara. Terdapat tiga kategori penghargaan yang diraih oleh 13 bandara Angkasa Pura I yaitu Kategori Pelayanan Prima Utama, Kategori Pelayanan Prima Madya, dan Kategori Pelayanan Prima Pratama.

Penghargaan Kategori Prima Utama diraih oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Sedangkan Kategori Prima Madya diraih oleh Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara El Tari Kupang, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Lombok Praya, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Sementara itu, Penghargaan Kategori Pelayanan Prima Pratama diraih oleh Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

“Setelah minggu lalu, tepatnya tanggal 12 September 2018, tiga bandara Angkasa Pura I menerima trofi penghargaan Airports Service Quality (ASQ) 2017 dari Airports Council International (ACI) di Halifax-Kanada, hari ini seluruh bandara Angkasa Pura I kembali meraih penghargaan. Kali ini Penghargaan Pelayanan Prima unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan tahun 2018. Penghargaan ini merupakan wujud komitmen kami yang senantiasa meningkatkan pelayanan kepada publik,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi.

Penghargaan yang diraih ketiga belas bandara Angkasa Pura I ini semakin memantapkan bahwa standar pelayanan bandara-bandara Angkasa Pura I makin merata sejalan dengan aktivitas bisnis Angkasa Pura I yang mengutamakan pada pelayanan bersama dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Faik Fahmi juga mengungkapkan bahwa jajaran manajemen berterima kasih atas kerja keras karyawan Angkasa Pura I yang selalu berupaya melayani konsumen dengan baik.

“Hal ini juga akan semakin memotivasi kami untuk terus meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang prima kepada pengguna jasa bandara,” ujarnya.

Baca Juga :  Sinergi dengan OJK dan BPRS Hikmah Khazanah, Lazismu Beri Santunan untuk 100 Guru di Solo

Sementara itu, pelaksanaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik sektor transportasi di Lingkungan Perhubungan dilakukan oleh Tim Penilai Independen yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 616 Tahun 2018 yang terdiri dari wakil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombusdman, Kantor Staf Kepresidenan, Akademisi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Pengamat Transportasi dan perwakilan jurnalis.

Penilaian Pelayanan Prima dilaksanakan dilaksanakan selama 4 (empat) bulan yaitu bulan Mei hingga Agustus 2018 mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penilaian Pelayanan Kinerja pada Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan, yang terdiri dari 6 (enam) aspek penilaian yaitu Aspek Kebijakan Pelayanan, Aspek Profesionalisme SDM, Aspek Sarana Prasarana Pelayanan Publik, Aspek Sistem Informasi Pelayanan Publik, Aspek Konsultasi dan Pengaduan, serta  Aspek Inovasi dan Prestasi. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com