JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bangunan Kurang Layak, 7 Puskemas di Wonogiri Bakal Direnovasi

Truk menurunkan material di lokasi pembangunan Puskesmas Rawat Inap Wuryantoro.
   
Truk menurunkan material di lokasi pembangunan Puskesmas Rawat Inap Wuryantoro.

WONOGIRI–Sedikitnya tujuh puskesmas dengan kondisi bangunan kurang layak di Wonogiri Bakal segera dibangun. Ketujuh puskesmas itu terdiri dari enam puskesmas rawat jalan dan satu puskesmas rawat inap.

Yakni Puskesmas Rawat Inap Wuryantoro, Puskesmas Purwantoro I, Puskesmas Jatisrono I, Puskesmas Wonogiri I, Puskesmas Pracimantoro I, Puskesmas Paranggupito, dan Puskesmas Giriwoyo II.

Pembangunan puskesmas sudah menjadi komintmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik pada msyarakat,” ungkap Bupati Wonogiri saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung rawat inap UPTD Puskesmas Wuryantoro, Kamis (6/9/2018).

Puskesmas rawat inap Wuryantoro sebelumnya menempati bekas Kawedanan Wuryantoro sejak 1968. Namun kondisi bangunannya rusak, kayu-kayunya lapuk dimakan usia dan rayap. Umtuk membangun gedung baru, bangunan kawedanan harus dirobohkan terlebih dahulu. Gedung bekas Kawedanan Wuryantoro sendiri telah didaftarkan ke cagar budaya Provinsi Jawa Tengah. Untuk merobohkannya, harus menunggu kajian dan penilaian dari tim cagar budaya Provinsi Jawa Tengah yang suratnya telah keluar tanggal 26 Juni 2018 lalu.

Baca Juga :  Di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Terungkap Sederet Manfaat Safari Ramadhan

“Untuk memberikan pelayanan yangg optimal tidaklah mudah, apalagi dari tahun 1968 dibangun, jadi wajar jika gedungnya tidak representatif, sehingga kurang optimal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Selain Puskesmas, di tahun 2018 ini kami juga akan merealisasikan beberapa pembangunan infrastruktur lain di Wuryantoro. Pembangunan pasar Wuryantoro senilai Rp 6 miliar dan jembatan Tiken senilai Rp 1,6 miliar akan mewujudkan keinginan masyarakat menjadi Wuryantoro Kuncoro,” imbuh Bupati.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

Dana pembangunan Puskesmas Rawat Inap di Wuryantoro mencapai Rp 8.169.130.000. Rincian sumber dananya berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah senilai Rp 5.194.245.000 dan Rp 2.974.885.000 dari APBD II Kabupaten Wonogiri (Dana Insentif Daerah).

Pihak ketiga yang membangun Puskesmas ini adalah PT. Satriamas Karyatama dan PT. Sumber Mas dari Semarang. Proyek ini direncanakan memakan waktu 120 hari kalender, dimulai 23 Agustus–16 Desember 2018. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com