JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Gunung Lawu Terus Membara. Beberapa Titik di Ngargoyoso dan Tawangmangu Kembali Terbakar

Ilustrasi kebakaran
   
Ilustrasi kebakaran Lawu

KARANGANYAR-  Hutan di sejumlah wilayah di Gunung Lawu, Tawangmangu, Karanganyar kembali dilanda kebakaran pada Sabtu-Minggu (8-9/9/2018).Kebakaran terdeteksi di wilayah Ngargoyoso dan Tawangmangu pada Sabtu hingga Minggu.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kebakaran yang melanda itu. Kebakaran hutan di Gunung Lawu maupun di sekitarnya ini seolah menambah panjang kebakaran yang terjadi di sejumlah wilayah Gunung Lawu dalam sebulan terakhir.

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, kebakaran hutan terjadi di Bukit Purung petak 17 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tambak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara. Tepatnya di Dukuh Watubonang, RT 2/2, Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Kebakaran terjadi sejak Sabtu (8/9/2018) pukul 11.00 WIB.

Salah seorang warga di sekitar lokasi kejadian, Wahyu Rudianto (21) menuturkan sempat melihat kepulan asap di tengah hutan. Api kemudian semakin membesar.

Melihat hal itu, ia berinisiatif melaporkan hal itu kepada warga, perangkat desa setempat, dan polisi. Tim yang terdiri dari TNI/Polri, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Solo, BPBD Karanganyar, warga, dan sukarelawan mengecek ke lokasi.

Sekretaris BPBD Karanganyar, Hendro Prayitno, mewakili Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, menyampaikan kebakaran diduga terjadi di daerah penuh semak.

“Banyak semak kering dan angin cukup kencang. Tim bergotong royong memadamkan api. Kobaran api berhasil dipadamkan pukul 14.00 WIB. Lahan Perum Perhutani yang terbakar seluas 2 hektare,” kata Hendro dihubungi wartawan Minggu (9/9/2018).

Sabtu malam, sekitar pukul 21.00 WIB, kebakaran hutan kembali terjadi. Kali ini hutan di Bukit Gunung Mongkrang, tepatnya di Dusun Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu. Warga sekitar melihat kepulan asap dari hutan kemudian api membesar. Warga berinisiatif melaporkan kejadian itu kepada polisi. Tim yang berupaya memadamkan api mengalami kesulitan karena api berada di lokasi cukup curam.

Pejabat Sementara Kapolsek Tawangmangu, Iptu Ismugiyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, menyampaikan api di Bukit Gunung Mongkrang berhasil dipadamkan pada Minggu (9/9/2018) pukul 02.00 WIB.

“Ada dua titik api. Luasan terbakar sekitar tiga hektare. Pemadaman oleh tim Polisi, TNI, BPBD Karanganyar, Perum Perhutani KPH Solo, sukarelawan, dan warga. Sejumlah anggota masih di sekitar lokasi untuk memantau situasi dan kondisi. Ini kemarau jadi kami harap orang hati-hati menggunakan api. Baik itu api pada rokok maupun lainnya. Jangan buang puntung rokok sembarangan,” urainya.

Camat Tawangmangu, Rusdiyanto memastikan lokasi kebakaran hutan masih jauh dari permukiman warga. Titik api berada di tebing sehingga sempat menyulitkan tim saat memadamkan api. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com