JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Hingga Larut Malam atau Dini Hari Masih Susah Tidur, Coba Minuman ini untuk Mengatasinya

Ilustrasi tertidur. pexels
   
Ilustrasi. pexels

Penyakit sulit tidur (insomnia) memang sangat menyebalkan. Karena keesokan harinya aktifitas Anda pasti akan terganggu karena rasa kantuk karena kurang tidur.

Penyebab utama insomnia kronis adalah kecemasan, stres, dan depresi atau mungkin semacam penyakit lainnya. Celakanya, insomnia ini dapat menimbulkan gejala kecemasan, stres dan depresi menjadi lebih buruk. Hal ini akan berdampak pada psikologis dan emosional umum lainnya termasuk kemarahan, khawatir, gangguan bipolar, trauma dan kesedihan.

Kabar gembira insomnia ini bisa disembuhkan melalui minuman teh. Teh sendiri diketahui mempunyai cara alami untuk mengobati berbagai macam penyakit selama ribuan tahun. Mengutip laman Boldsky.com, berikut jenis-jenis teh yang manjur untuk menyembuhkan insomia.

1. Teh chamomile
Chamomile secara luas dianggap sebagai induser tidur. Anda bisa meminum secangkir teh chamomile hangat sekitar 30 menit sebelum tidur. Ini sangat membantu karena memiliki sifat yang menenangkan dan menenangkan. Teh chamomile ini juga sebagai agen anti inflamasi yang meredakan sakit tenggorokan.

2. Kunyit
Kunyit bisa mengurangi peradangan, menurunkan kadar gula darah, membantu detoksifikasi hati, meningkatkan sistem kekebalan dan memudahkan sistem pencernaan Anda. Semua ini akan membantu anda untuk tidur lebih cepat, dan bangun dengan perasaan segar. Sebelum tidur, rebus susu almond dan tambahkan kunyit, kapulaga dan madu mentah. Ini akan membantu anda tidur nyenyak sepanjang malam.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

3. Valerian Root Tea
Ini umumnya digunakan oleh dokter untuk efek obat penenang dan kemampuan anti kecemasannya. Minuman inimengandung zat kimia yang disebut linarin, yang menciptakan obat penenang pada tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa akar valerian membantu mengurangi waktu tidur dan meningkatkan kualitas tidur anda.

4. Lemon Balm Tea
Minuman ini bisa membantu mengurangi stres, gangguan pencernaan, kecemasan, meningkatkan tidur, dan dapat membantu menyembuhkan luka dingin lebih cepat. Lemon balm adalah ramuan yang sangat baik untuk insomnia dan ketika dikombinasikan dengan herbal lain seperti chamomile dan valerian. Lemon balm merupakan anggota dari keluarga mint yang digunakan baik sebagai obat herbal dan bahan memasak.

5. Teh Jeruk nipis
Tidak hanya mengobati insomnia, tetapi juga kecemasan, kegelisahan, dan meningkatkan tekanan arteri. Teh herbal ini juga direkomendasikan untuk kelelahan kronis, karena menghilangkan stres dan kejang. Minum teh herbal ini sebelum tidur akan membuat anda tidur nyenyak tanpa menimbulkan efek samping pada sistem saraf.

6. Teh lavender
Lavender adalah ramuan yang terkenal karena aromanya yang aromatik dan menyejukkan. Sifat obatnya yang fantastis dan dapat menyembuhkan insomnia. Hanya satu cangkir teh lavender dapat membantu meringankan tubuh, pikiran dan membuat anda mudah tertidur. Teh lavender juga bisa diaplikasikan di dada untuk membantu meringankan efek bronkitis, asma dan pilek.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

7. Teh Pisang
Ini mungkin terdengar aneh tapi, teh pisang benar-benar dapat membantu penyakit insomnia. Kulit pisang kaya akan potasium dan magnesium yang dikenal bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. Minum teh ini akan membuat pembuluh darah dan otot rileks.

8. Teh Passionflower
Penelitian telah menunjukkan bahwa kemampuan yang kuat dari teh passionflower adalah untuk mengobati insomnia dan untuk meningkatkan kualitas tidur. Orang yang minum teh passionflower setiap hari selama seminggu secara signifikan memiliki kualitas tidur yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh herbal ini.

9.Teh kayu manis
Cinnamon memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Tidak hanya dapat membantu mengobati insomnia tetapi juga mengatur gula darah, meningkatkan penurunan berat badan, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, mengurangi peradangan dan sebagainya. Jika anda sulit tidur, minumlah ini dan anda tidur lebih cepat dengan kulitas tidur yang baik.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com