JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jangan Minum Teh Hijau Terlalu Pagi, ini Waktunya yang Tepat

rawpixel
   
rawpixel

Sejak lama teh hijau menjadi minuman kesehatan dan kebugaran yang cukup populer. Tetapi perlu dicatat, ada waktu yang tepat untuk menikmatinya agar nutrisi yang tersedia dapat terserap maksimal oleh tubuh.

Tidak seperti jenis teh lain, teh hijau tidak melalui proses oksidasi yang membuatnya lebih sehat. Teh hijau juga kaya akan mineral, vitamin dan memiliki sifat anti-radang dan menurunkan resiko untuk penyakit jantung serta jenis kanker tertentu.

Minuman ini juga dianggap sebagai alternatif minuman sehat sejak zaman kuno. Dipercaya memiliki khasiat kuat yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Selain itu, juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang meningkatkan daya tahan tubuh.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk minum teh hijau?

Jangan minum terlalu pagi
Minum teh hijau dengan perut kosong di pagi hari dapat memiliki efek berbahaya pada hati karena kandungan kafein yang tinggi di dalamnya.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada suplemen diet dengan ekstrak teh hijau menemukan bahwa ketika diminum saat perut kosong, dapat memiliki efek buruk pada hati. Karena teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin, jumlah teh hijau yang dikonsumsi harus dipantau. Konsentrasi katekin yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati. Sebaiknya minum teh hijau di pagi hari sekitar jam 10 hingga jam 11 pagi atau di awal malam.

Minum di sela-sela waktu makan
Anda bisa meminum secangkir teh hijau di sela-sela waktu makan, misalnya dua jam sebelum atau sesudahnya untuk memaksimalkan asupan nutrisi dan penyerapan zat besi.

Jika Anda seorang penderita anemia, hindari minum teh hijau bersama dengan makanan. Menurut National Cancer Institute, katekin antioksidan yang ada dalam teh hijau menghambat pencernaan dan penyerapan zat besi dari diet Anda.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Minum sebelum olahraga
Teh hijau dapat membantu membakar lebih banyak lemak karena adanya kafein. Kafein dapat meningkatkan energi Anda sehingga bisa berolahraga lebih lama.

Dua jam sebelum tidur
Teh hijau bukanlah minuman sebelum tidur. Sebab ada kandungan kafein yang justru mengganggu tidur. Teh hijau juga mengandung asam amino yang disebut L-Theanine yang akan membuat terjaga dan berkonsentrasi lebih baik. Itu sebabnya, merupakan ide yang buruk jika diminum sebelum tidur. Seperti dilansir Boldsky, sebaiknya, minumlah di awal malam atau dua jam sebelum tidur. Karena ini adalah waktu metabolisme terendah dan teh hijau akan meningkatkannya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com