JOGLOSEMARNEWS.COM Market Info Bisnis

Jika Kondisinya Seperti Ini, Saatnya Ban Mobil Diganti

   
ilustrasi/tempo.co

Sebenarnya kapan sih ban mobil harus diganti? Apakah harus  menunggu batikan hilang dan ban menjadi gundul? Pasalnya, kondisi ban sangat menentukan keamanan pengendara.

Rudy Novianto, Struktur Defensive Driving Sentul Driving Course, mengatakan, standar keselamatan ban adalah batas dua milimeter dari alur ban. Jika kurang dari itu, kembangan tidak lagi aman digunakan karena berpotensi tidak mencengkeram erat ke aspal, terutama saat hujan maupun melewati jalan basah.

“Lebih dari dua milimeter sudah tidak safe lagi,” katanya, Jumat (31/8/2018).

Selain itu, pemilik mobil harus rajin mengamati kondisi bannya apakah terdapat retak maupun bocel pada telapak ban maupun pinggiran ban. Ia mengatakan jika terdapat retakan atau bocel tandanya karet ban sudah keras. Tak hanya itu, kemampuan terhadap tekanan ban berkurang. Pemeriksaan ini juga bisa dilakukan saat membeli ban baru.

“Karena penyimpanan yang tidak baik saat di toko juga mengakibatkan perubahan struktur kimia ban,” ujarnya.

Meski demikian, Rudi mengatakan ban sebenarnya memiliki usia yang panjang bahkan hingga delapan tahun masih bisa digunakan asalkan penyimpanan ban benar. Sehingga, kondisi ban tetap terjaga.

“Lebih baik membeli ban di toko ban resmi yang terjamin. Kalau di pinggir jalan ada risikonya,” katanya.

Bagi sebagian pengemudi lebih memilih ban vulkanisir untuk mengganti ban yang sudah tak layak. Menurut Rudi, sebenarnya proses retrading yang dilakukan produsen tidak beda jauh dengan proses vulkanisir atau vulkanisasi. Prosesnya mirip ban dipanasi dan mendapat tekanan tinggi. Kemudian bagian telapak ban terluar dikelupas diganti lapisan baru. Setelah itu, pabrik akan membuat motif baru.

“Hanya saja, kalau vulkanisir prosesnya, apakah memang sesuai dengan proses pabrik dan kualitas lem masih dipertanyakan,” ujarnya.

Rudi juga menyarankan pemilik mobil melakukan rotasi ban minimal 5.000 kilometer saat ganti oli atau 10 ribu kilometer saat servis untuk tetap menjaga kualitas ban.

“Selain itu, tekanan angin rutin diperiksa bisa seminggu sekali atau dua minggu,” ucapnya.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com