JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kebakaran Gunung Lawu Meluas ke Wilayah Jenawi. Titik Api Terpantau di Selatan Candi Cetho 

Ilustrasi kebakaran
   
Ilustrasi kebakaran Lawu

KARANGANYAR – Kebakaran di Hutan Gunung Lawu wilayah Karanganyar terus terjadi. Rabu (12/9/2018), kebakaran hutan di Lawu kembali terjadi di Jenawi terletak di Bukit Sodong petak 1C RPH Tambak, BKPH Lawu Utara, tepatnya di Dukuh Babar RT 004/RW 004, Desa Anggrasmanis, Jenawi.

Data yang dihimpun dan dilansir BPBD setempat, kebakaran terjadi pukul 15.00 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno membenarkan bahwa BPBD menerima informasi titik api di selatan Candi Ceto atau di atas Desa Anggrasmanis, Jenawi.

“Belum bisa menyampaikan data. Tim BPBD dalam perjalanan,” tutur Hendro.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Salah satu warga, Gino, melihat kepulan asap dari tengah hutan. Api semakin membesar dan saat itu angin kencang. Saksi menghubungi warga dan aparat desa setempat. Selanjutnya tim dibantu sukarelawan dan warga bergotong royong memadamkan api. Pemadaman dilakukan manual. Api berhasil dipadamkan pada Rabu (12/9) pukul 05.00 WIB.

Sukarelawan Ceto (Reco), Nardi, membenarkan bahwa api di hutan di Anggrasmanis sudah padam.

“Tadi pagi tim dari BPBD, Perum Perhutani KPH Solo, sukarelawan, dan warga masih berupaya memadamkan api. Tadi pagi kan muncul api lagi tapi kecil. Sudah padam. Jarak ke permukiman jauh. Dan itu bukit dekat jurang sehingga susah dijangkau. Lokasinya di perbatasan Jateng dan Jatim,” katanya.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Proses pemadaman dilakukan dengan menyekat api. Penyekatan dilakukan dengan membuat parit. Harapan mereka api tidak akan merembet ke lahan lain karena sudah dibuatkan lubang menyerupai parit.

Sementara, Camat Tawangmangu, Rusdiyanto, menyampaikan kebakaran di Bukit Mongkrang, Gondosuli, sudah bisa dijinakkan.

“Iya betul sudah padam semua. Tapi masih siaga statusnya. Angin sudah enggak terlalu besar seperti sebelumnya. Total lahan yang terbakar hingga kemarin [Selasa] itu sekitar 30 hektare. Itu di Bukit Mongkrang,” kata Rusdiyanto, Rabu (12/9/2018). Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com