JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kebakaran Landa Perkebunan Karet PTPN IX Kedawung Sragen. 10 Hektare Dilalap Api, Warga Berhamburan Bantu Pemadaman 

Sejumlah bocah saat ikut memadamkan api yang membakar kebun karet milik PTPN IX Kerjoarum Kedawung, Minggu (16/9/2018). Foto/Wardoyo
   
Sejumlah bocah saat ikut memadamkan api yang membakar kebun karet milik PTPN IX Kerjoarum Kedawung, Minggu (16/9/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN-  Kebakaran melanda areal perkebunan karet milik PTPN IX Kebun Batujamus, Afdeling Kedawung, Minggu (16/9/2018) siang. Sedikitnya 10 hektare perkebunan ludes dilalap si jago merah.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun kebakaran sempat membuat warga panik dan berhamburan untuk mencegah api merembet ke permukiman.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran terdeteksi pukul 11.00 WIB. Titik api terpantau berawal dari kebun di wilayah Dukuh Gentong, Desa Kedawung.

Salah satu saksi mata dari karyawan PTPN IX, Suwarni (40) mengatakan saat dirinya di rumah, mendadak dikejutkan dengan kepulan asap dan rona merah seperti kobaran api.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Saat keluar menengok, ia sudah dihadapkan pemandangan kobaran api melahap semak dan pepohonan karet di Dukuh Purwodadi, Kedawung.

Melihat hal itu, ia langsung berteriak minta tolong hingga warga berhamburan keluar rumah. Mereka beramai-ramai membantu pemadaman.

Tak lama berselang, tim Polsek Kedawung juga tiba. Bersamaan dengan itu, empat unit mobil pemadam kebakaran Sragen juga datang untuk menjinakkan api.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu

Setelah berjuang hampir dua jam, kobaran api baru bisa dijinakkan. Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman mengungkapkan tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut.

Kebakaran mengakibatkan sedikitnya 10 hektare kebun karet milik PTPN IX ludes dilalap api.

“Untuk penyebab kebakaran, ini masih dalam penyelidikan,” terangnya.

Kapolsek Kedawung, AKP Bambang Susilo menambahkan kobaran api datang dari arah timur. Besarnya hembusan angin membuat api makin merembet ke areal hutan lainnya hingga total 10 hektare yang terbakar. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com