JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Mangut Ikan Pari Bu Kanan Semarang, Pedasnya Getarkan Lidah

Masakan Mangut Warung Bu Kanan, Semarang, Foto:suarabaru.id
   
Masakan Mangut Warung Bu Kanan, Semarang, Foto:suarabaru.id

Sebuah warung sederhana milik bu Kanan di Jalan Ronggolawe Semarang Barat setiap hari menyajikan berbagai masakan seperti ramesan mangut, paru goreng, empal goreng, dan telur dadar. Selain itu juga ada tumis bayam, oseng kacang, pare, dan mi soun. “Untuk sayur mangut, kami sediakan ikan pari dan juga ikan manyung,” kata sang pemilik warung, bu Kanan

Di warung ini mangut ikan pari merupakan salah satu menu andalannya. Mangut di sini dimasak ekstra pedas. Salah satu pelanggan Fajar Setiawan menggambarkan bagaimana sengatan rasa pedas itu menyentuh lidah dan meliputi seluruh mulut. Tapi namanya juga kapok lombok, semakin terasa pedas justru semakin digemari dan diulangi lain kali.

Warung sederhana di Jalan Ronggolawe Semarang Barat itu disesaki pengunjung ketika waktu makan tiba, baik pagi maupun siang hari. “Kami buka jam 07.00 sampai sekitar jam 14.00 WIB,” kata Ratmi, pengelola warung tersebut.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Namun setelah tutup, ia harus berada di warung hingga sore untuk racik-racik. “Harus beli ikan di Krobokan, juga belanja uba rampe di Pasar Karangayu,” tuturnya.

Setiap hari setidaknya warung memasak 50 ikan pari dan 15 kepala manyung. Cabai yang dimasak 2,5 kg hingga 3 kg. Bumbu yang dipakai bawang merah, bawang putih, kencur, kemiri, dan daun jeruk. “Bumbu dapur itu diolah sampai lembut, baru daun jeruk digerus dan dicampurkan”.

Setelah digongso sekitar satu jam, lalu cabai dimasukkan sampai lembut. Baru kemudian tempe dimasukkan juga. Santan yang sudah direbus sorenya, baru dicampurkan besoknya pada pagi hari jam 04.30 ketika mulai memasak. Jam 07.00 warung sudah siap untuk melayani pelanggan.

Harga kepala manyung bervariasi, dari Rp 50 ribu, Rp 60 ribu, Rp 70 ribu, dan paling besar Rp 80 ribu. Sementara harga ikan pari plus tahu tempe per porsi Rp 15 ribu. Jika ingin menikmati nasi mangut sepiring seharga Rp 22 ribu. “Banyak instansi yang sering pesan untuk berbagai acara, di antaranya adalah Polda Jateng, Polrestabes Semarang, juga PLN,” katanya.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

Ditambahkannya, pesanan juga datang dari Jakarta dan Kalimantan yang biasanya dikirimkan lewat pesawat. Kalau dibawa sendiri pakai mobil, harus dibekukan dulu. “Ada pejabat kepolisian yang pindah luar Jawa, suka pesan lewat temannya, kemudian dikirimkan lewat paket,” tuturnya. Menurutnya, warung menerima pesanan lewat telepon di nomor 081326784558.

Bahkan ada pelanggan yang sampai membawanya ke Amerika Serikat, dibekukan, dibungkus satu per satu, kemudian dimasukkan ke boks.

Pelanggan rupanya memang sangat menikmati sensasi pedas dan rasa lezat mangut Bu Kanan. Salah satunya adalah Udin yang telah lebih dari sepuluh tahun jadi pelanggan sejak warung berada di lokasi lama. “Pedasnya itu lho yang ngangeni,” katanya. suarabaru.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com