JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Rokok Bukan Hanya Bahaya Bagi Paru-paru, Tapi Juga Lambung, Ini Penjelasananya

pexels.com
   
pexels.com

Bahaya rokok ternyata tidak hanya terletak di paru-paru. Lambung ternyata juga bisa terimbas oleh asap yang ditimbulkan oleh bakaran tembakau tersebut.

Pasalnya, asap rokok tidak hanya mengendap di paru-paru. Sebagian asap dari lintingan tembakau yang terbakar ternyata menyelinap ke lambung.

Yang menyelinap ke lambung adalah bahan-bahan polutan pemicu iritasi. Efek samping lainnya, sehabis merokok seseorang merasa kenyang lalu porsi makan berkurang. Akibatnya, asupan gizi harian mereka relatif lebih rendah dari mereka yang tidak merokok.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

“Dalam rokok, terdapat banyak polutan misalnya benzena dan tar. Keduanya merangsang iritasi lambung yang menyebabkan sel-sel lambung memproduksi asam berlebih. Naiknya asam lambung memicu komplikasi berupa nyeri di dada dan rasa takut yang hebat. Rokok secara langsung juga merusak esofagus,” terang Ketua Perhimpunan Gastrologi Indonesia Cabang Jakarta, dr. Agastya Wisnu W, SpPD.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Ia menerangkan, lambung menyerupai balon. Ketika banyak gas dan asap masuk, ia akan mengembung. Gas dan asap rokok yang terhirup memicu pembengkakan lambung.

Saat lambung mengembung, risiko terkena penyakit Gerd (Gastroesophageal Reflux Disease) meninggi. Penyakit ini, kata Wisnu, tidak membahayakan jiwa. Namun faktanya, sebagian besar pasien cemas dan takut mengingat gejalanya terasa sangat menyakitkan.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com