JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sendang Keramat di Karanganyar Ini Banyak Diburu Untuk Ritual Mandi Bulan Sura. Polsek Terjunkan Tim Cek Sendang dan Juru Kunci

Ilustrasi kungkum
   
Ilustrasi kungkum

KARANGANYAR– Memasuki bulan muharram atau dalam Bahasa Jawa dikenal dengan bulan sura, sebagian masyarakat pehobi ritual, sering mendatangi lokasi yang dianggap keramat.

Salah satu lokasi yang banyak diburu adalah Sendang Melikan di Dusun Kauman, Desa Kwandungan, Kerjo. Di lokasi sendang yang disakralkan ini, banyak diburu oleh pecinta ritual yang ingin menjalano ritual kungkum atau meditasi dalam air.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Guna mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, kepolisian setempat menggelar patroli khusus ke lokasi sendang yang disakralkan itu. Patroli dilakukan oleh tim Polsek yang dipimpin Wakapolsek Kerjo, Ipda Mahmudi.

Patroli digelar dengan mengecek tempat-tempat keramat yang biasa didatangi masyarakat untuk ritual, Rabu (12/9/2018).

Menurut Wakapolsek, patroli itu digelar rutin ke tempat-tempat keramat yang ada di wilayah Kerjo. Lantaran saat bulan sura banyak yang dijadikan lokasi untuk ritual malam hari.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Tujuannya salah satunya untuk memberikan pengertian kepada masing-masing juru kunci agar memperhatikan keamanan pengunjung karena kegiatannya dilakukan pada malam hari sehingga rentan akan kedinginan,” ujar Ipda Mahmudi. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com