JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tak Kantongi Izin, Panitia Jalan Sehat Umat Islam Ngotot Tetap Jalan Terus 

Ilustrasi
   

 

Ilustrasi

SOLO- Polresta Surakarta pada akhirnya tidak memberikan izin terhadap penyelenggaraan acara Jalan Sehat Umat Islam dan warga Solo yang akan dilaksanakan Minggu (9/9/2018), di sepanjang jalan depan Masjid Kottabarat. Kendati demikian, panitia kegiatan memastikan acara tersebut tetap akan dilaksanakan.

Menurut Koordinator Panitia jalan Sehat, Endro Sudarsono, panitia tetap akan menggelar kegiatan yang rencananya akan diikuti Neno Warisman dan Ahmad Dhani tersebut.

“Panitia memang telah menerima surat dari Polresta Solo terkait tak diterbitkannya izin kegiatan. Intinya tak mendapatkan rekomendasi. Namun kegiatan-kegiatan seperti jalan sehat tak membutuhkan izin. Maka kegiatan jalan sehat, akan tetap berjalan. Dalam UU no 9 tahun 1998 tidak mengenal izin, tidak mengenal rekomendasi dan surat pemberitahuan. Kami sudah lakukan puluhan kali aksi tidak ada masalah,” urainya, Selasa (4/9/2018).

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Sebelumnya sejumlah spanduk penolakan terhadap acara tersebut telah terpasang di beberapa sudit di Kota Solo. Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, menjelaskan, karena banyak pro kontra terkait jalan sehat itu, akhirnya Polresta Surakarta tidak memberikan ijin terhadap.penyelenggaraan kegiatan jalan sehat.

“Jadi hasilnya mentok dari kita tetap tidak menerbitkan izin. Ada sejumlah pertimbangan yang membuat Polresta Surakarta akhirnya tak memberi izin jalan sehat itu. Yang paling utama adalah masalah keamanan. Sebab dari informasi panitia jalan sehat, yang akan mengikuti even itu ada ribuan orang. Tentu dengan banyaknya masyarakat yang ikut di acara yang tak disetujui 100 persen masyarakat Solo, potensi gesekan akan semakin tinggi,” urainya.

Baca Juga :  Boneka Jokowi Dibakar Pendemo di Kota Solo, Tuntut Pemakzulan Presiden

Namun jika pada akhirnya aksi jalan sehat tersebut tetap berjalan, pihaknya akan membubarkan acara tersebut. AKBP Andy Rifai juga mengimbau masyarakat Solo untuk tidak mengikuti jalan sehat tersebut, karena sudah tidak mendapatkan izin.

“Selain itu ketika kami menanyakan terkait teknis kepada panitia, misal bagaimana pengurusan tempat parkir, rute, dan lain-lain, panitia tak dapat menjawabnya dengan jelas,” tukasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com