JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tragedi Suporter Sepakbola, PSSI Hentikan Kompetisi Liga 1

Tribunnews
   
 

JAKARTA – Buntut dari meninggalnya seorang suporter sepakbola Haringga Sirla, PSSI menghentikan sementara kompetisi Liga 1 Indonesia. Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Edy Rahmayadi.

Langkah itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Haringga Sarili yang tewas sebelum laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta, Minggu kemarin. “Akan dihentikan sampai batas waktu tertentu,” kata Edy di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, (25/9/2018).

Edy menyatakan PSSI amat prihatin dan berduka cita atas meninggalnya Haringga. Ia berharap dengan dihentikannya sementara kompetisi Liga 1 akan ada jalan keluar bagi persoalan perkelahian antarpendukung klub yang kerap terjadi. “Ini bentuk keprihatinan kami terhadap almarhum. Kami ingin tenang dulu baru bisa berpikir jernih. Tidak boleh emosi,” kata dia.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mendesak PSSI menghentikan kompetisi Liga 1. Secara khusus ia meminta kompetisi tak dilanjutkan selama dua pekan ke depan. Hal senada juga disampaikan oleh Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Langkah itu dilakukan menyusul insiden tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila.

Lebih lanjut, Edy menyatakan, PSSI akan membentuk tim investigasi untuk mencari fakta yang sebenarnya di lapangan. Hasil temuan sementara, menurut dia, kejadian yang menimpa Haringga berada di luar lapangan dan stadion. “Kejadiannya pun sebelum pertandingan,” ucapnya.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Ihwal sanksi, ucap Edy, federasi sepak bola belum bisa memutuskan. Ia mengatakan Komisi Disiplin secepatnya akan menggelar sidang sesuai dengan rekomendasi Komite Eksekutif. “Kami punya aturan dan tidak boleh keluar dari aturan. Soal sanksi ada berupa teguran hingga yang terberat diskualifikasi,” kata dia.

Laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta kembali memakan korban. Seorang pendukung The Jakmania, Haringga Sirla, tewas dipukuli sejumlah suporter Persib di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. Pria berusia 23 tahun asal Cengkareng, Jakarta Barat itu tewas di lokasi akibat luka pukul dari benda tumpul. Saat ini kasus kematiannya tengah diproses Kepolisian Resor Kota Bandung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com