JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Seni Budaya

2 Dalang Bocah Gelar Wayangan di Kodim Wonogiri

Pentas dalang bocah di Makodim 0728 Wonogiri.
   
Pentas dalang bocah di Makodim 0728 Wonogiri.

WONOGIRI-Untuk memeriahkan HUT TNI ke-73, 5 Oktober lalu, dan Hari Sumpah Pemuda 2018 sekaligus nguri-uri kebudayaan Jawa, Alumni SMPN 5 Wonogiri menggandeng Kodim 0728/Wonogiri mengadakan pagelaran wayang kulit di Makodim 0728/Wonogiri, Jumat (26/10/2018).

Uniknya, bukan dalang dewasa atau sepuh yang didaulat memainkan wayang. Melainkan dalang bocah yang merupakan Penyaji Terbaik Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2018. Keduanya adalah Henokh Mbabar Wangsit (14) dan Rafi Hastu Nuqsith (12) yang merupakan dalang bocah dari SMPN 5 Wonogiri. Pagelaran wayang kulit kali ini mengambil lakon Joro Sando Leno.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

Kasdim Mayor Inf Nurul Muthahar mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dalam nguri-nguri kabudayan Jawa. Dalam memeriahkan HUT TNI Ke 73 dan hari sumpah pemuda ini Kodim 0728/Wonogiri bersama almuni SMP N 5 menyelenggarakan pementasan pagelaran wayang kulit.

Wakil Bupati Wonogori Edi Santosa berujar, kemunculan dalang cilik untuk dapat terus nguri-nguri kabudayan menandakan proses regenerasi pelaku seni budaya khususnya wayang kulit berjalan dengan baik. Tentunya Pemkab Wonogiri memberikan apresiasi yang tinggi untuk dalang cilik ini.

Baca Juga :  1 Meninggal Tenggelam di Embung Galmojo Sambiroto Pracimantoro Wonogiri

“Sangat membanggakan bahwa segenap instrumen pemerintahan di Kabupaten Wonogiri baik TNI, Polri, unsur legislatif, eksekutif, mampu menyatu dan membangun Sinergi untuk mewujudkan Kabupaten Wonogiri yang semakin baik, Wonogiri yang maju dan sejahtera, Wonogiri yang sukses,” ujar dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com