JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Alhamdulillah, 9 Desa di Gondang Deklarasikan Terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan. Masyarakat Dihadiahi Perpustakaan di Kecamatan 

Camat Gondang, Catur Sarjanto bersama 9 Kades saat mendeklarasikan bebas ODF Rabu (17/10/2018). Foto/Wardoyo
   
Camat Gondang, Catur Sarjanto bersama 9 Kades saat mendeklarasikan bebas ODF Rabu (17/10/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Sembilan desa di Kecamatan Gondang resmi mendeklarasikan Gondang bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF). Deklarasi dibarengkan dengan peresmian gedung perpustakaan di Kecamatan Gondang.

Deklarasi dan peresmian dipusatkan di Kecamatan Gondang dihadiri semua Kades. Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wabup, Sekda dan jajaran Pimpinan DPRDD, Bambang Samekto, Anggoro Sutrisno, Bambang Widjo Purwanto serta jajaran Forkompica.

Ratusan Kasek, Toga, Tomas jadi saksi deklarasi kebebasan Gondang dari BABS siang itu. Dalam sambutannya, Bupati Yuni berharap dengan sudah bebas BABS, maka akan meningkatkan derajat kesehatan dan taraf hidup masyarakat di wilayah Gondang.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air

Ia berharap semangat itu bisa terus dijaga agar kesehatan masyarakat bisa makin meningkat. Sementara, Ketua Paguyuban Kades se-Kecamatan Gondang, Heru Setyawan menyambut baik dengan predikat Gondang sudah bebas BABS tersebut. Menurutnya deklarasi itu semakin meneguhkan derajat kesehatan di sembilan desa di Gondang.

“Dengan sudah mendeklarasikan ODF ini, berarti sembilan desa di Gondang sudah tuntas dan terbebas dadi BABS. Harapannya tentu saja tingkat kesehatan masyarakat semakin membaik. Perilaku hidup bersih sehat bisa membudaya sehingga harapan hidup dan kesejahteraan masyarakat juga bisa meningkat,” terangnya.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

Deklarasi ODF itu juga dibarengkan dengan peresmian perpustakaan di Kecamatan Gondang. Para Kades mengapresiasi positif kehadiran Perpustakaan Kecamatan itu karena bisa mendukung upaya meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat di wilayah Gondang.

Foto/Wardoyo

Deklarasi dipimpin Camat Gondang, Catur Sarjanto bersama sembilan Kades. Camat berharap perpustakaan itu bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan menambah wawasan serta keilmuan dari buku-buku yang disediakan di perpustakaan.

Masyarakat dipersilakan memanfaatkan fasilitas perpustakaan itu dan tidak dipungut biaya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com